Kata Sapaan dalam Bahasa Jepang yang Harus Diketahui Pemula

sapaan dalam bahasa jepang

Belajar bahasa Jepang saat ini mulai disukai oleh banyak orang, dengan berbagai macam alasan. Alasan-alasan tersebut dapat berupa cita-cita untuk kuliah di Jepang, ingin berlibur di Jepang, atau mungkin hanya menyukai berbagai hal tentang Jepang. Salah satu hal yang perlu Anda pelajari adalah kata sapaan dalam bahasa Jepang.

Aisatsu atau kata salam sapaan dalam bahasa Jepang, merupakan kata pembuka yang dipakai untuk memulai pembicaraan. Untuk itu, ada baiknya sebagai pemula, mulailah belajar dari kata-kata salam yang tepat untuk memulai percakapan sehari-hari.

Kata Sapaan dalam Bahasa Jepang

Berikut ini adalah beberapa contoh sapaan dalam bahasa Jepang yang sebaiknya kita ketahui.

1. Ohayou Gozaimasu

Kata Ohayou Gozaimasu dalam bahasa Indonesia berarti selamat pagi. Ucapan salam ini merupakan bentuk sapaan yang formal dan sopan, sehingga salam sapaan ini dapat dipakai kepada siapapun baik kepada orang tua, rekan kerja, guru di sekolah, maupun kepada teman.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Ohayou gozaimasu merupakan kata yang bernuansa formal dan untuk teman yang sudah sangat akrab, orang Jepang pada umumnya hanya mengucapkan ohayou saja. Namun, untuk menyapa orang yang lebih tua, guru atau bos di kantor, pastikan untuk mengucapkan ohayou gozaimasu secara lengkap.

2. Konnichiwa

Mungkin kata Jepang yang paling sering kita dengar sebagai pemula adalah Konnichiwa. Kata ini bisa diartikan sebagai selamat siang, namun bisa juga dipakai sebagai selamat sore.

Namun, terkadang kata konnichiwa ini juga dapat diartikan sebagai sapaan biasa seperti halo atau hai dalam bahasa Indonesia. Konnichiwa sering dipakai ketika kita bertemu atau berpapasan di jalan dengan teman.

Kata konnichiwa ini pada umumnya merupakan salam dengan kategori sopan dan digunakan untuk orang yang tidak terlalu akrab dengan kita, seperti tetangga atau mungkin teman sekolah atau kantor yang belum kita kenal.

Salam dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa sebenarnya adalah singkatan dari salam bahasa Jepang yang panjang yang biasa digunakan pada zaman dulu, yaitu “Konnichi wa gokiken ikaga desuka?” yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai apa kabar Anda hari ini?

Namun semakin ke sini, ungkapan salam tersebut mungkin dirasa terlalu panjang untuk diucapkan dan orang-orang Jepang di saat ini hanya menggunakan sapaan pendek yaitu konnichiwa dalam keseharian mereka.

3. Konbanwa

Konbawa juga merupakan salam yang cukup sering muncul dalam percakapan harian orang Jepang. Konbawa memiliki arti selamat malam dan digunakan oleh orang Jepang ketika matahari sudah tenggelam.

Seperti halnya kata konnichiwa yang kita bahas di atas, konbanwa juga dapat kita ucapkan ketika bertemu dengan orang-orang yang tidak terlalu akrab dengan kita. Kata konbanwa ini masuk dalam kategori ucapan salam yang sopan dan berasal dari kalimat sapaan yang panjang yaitu “Konban wa gokigen ikaga desuka?” yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai apa kabar Anda malam ini?

Konban” memiliki artian “malam ini”, dan orang Jepang ketika menyapa di malam hari akan menggunakan kata konbanwa yang dimaknai sebagai ucapan selamat malam.


Dalam memulai belajar bahasa Jepang, salah satu hal yang paling penting adalah memiliki niat yang kuat. Dengan niat yang kuat, walaupun sulit dan menghadapi berbagai macam rintangan, menguasai bahasa Jepang bukan hal yang mustahil untuk dilakukan.

Belajar bahasa Jepang tidak hanya dapat dilakukan melalui lembaga resmi atau dari buku, namun dapat juga kita pelajari dari menonton berbagai anime Jepang yang terkenal, seperti One Piece, Naruto dan berbagai anime terkenal lainnya. Tak dipungkiri, kecintaan terhadap anime Jepang juga menjadi salah satu alasan dari banyak orang untuk mengusai bahasa Jepang dengan baik.

Anime Jepang dapat menjadi salah satu media kita untuk belajar. Dengan menonton anime pada bahasa aslinya, akan membuat kita lebih akrab dengan percakapan dan juga kosa kata dalam bahasa Jepang. Cobalah perhatikan kata-kata yang sering dipakai, pahami artinya dan mulailah ikut melafalkan kata-kata tersebut untuk melatih cara pengucapannya.

Demikianlah tiga kata sapaan yang sering dipakai dalam percakapan orang Jepang yang harus diketahui oleh pemula. Semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Berbagai Cara Bilang Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)