Belajar Huruf Hiragana Lengkap A sampai Z

Huruf Hiragana Lengkap dan Cara Penulisannya

Huruf Hiragana adalah salah satu aksara dalam bahasa Jepang yang terdiri dari 46 karakter. Huruf Hiragana memiliki bentuk yang bulat dan lembut, berbeda dengan huruf Kanji yang memiliki bentuk yang kompleks dan mirip dengan hanzi dalam bahasa Cina.

Huruf Hiragana mulai digunakan sejak abad ke-9 Masehi dan berkembang menjadi sistem penulisan independen pada abad ke-10 Masehi.

Fungsi Hiragana antara lain untuk menuliskan partikel, kata-kata seru, kata-kata sifat, dan lain-lain. Hiragana juga sering digunakan dalam pembacaan huruf Kanji yang sulit atau tidak familiar.

Panduan Belajar Huruf Hiragana Lengkap dan Cara Penulisannya

Untuk memulai belajar huruf hiragana secara lengkap dan bagaimana cara penulisannya, penting untuk mengenal pengucapan dan cara penulisannya terlebih dahulu.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Terdapat 46 huruf Hiragana yang harus dipelajari. Hiragana umumnya ditulis dengan urutan dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Ada beberapa aturan dalam menulis Hiragana, seperti penggunaan garis vertikal dan garis horizontal pada beberapa huruf tertentu.

Penting untuk memperhatikan penempatan garis dan goresan dalam menulis Hiragana agar huruf tersebut terlihat jelas dan mudah dibaca. Dalam belajar Hiragana, disarankan untuk menggunakan media pembelajaran yang interaktif, seperti aplikasi atau situs web khusus belajar bahasa Jepang.

Tabel Huruf Hiragana Lengkap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, huruf Hiragana terdiri dari 46 karakter. Berikut ini adalah tabel Hiragana yang lengkap beserta cara pengucapannya:

  • あ (a)、い (i)、う (u)、え (e)、お (o)
  • か (ka)、き (ki)、く (ku)、け (ke)、こ (ko)
  • さ (sa)、し (shi)、す (su)、せ (se)、そ (so)
  • た (ta)、ち (chi)、つ (tsu)、て (te)、と (to)
  • な (na)、に (ni)、ぬ (nu)、ね (ne)、の (no)
  • は (ha)、ひ (hi)、ふ (fu)、へ (he)、ほ (ho)
  • ま (ma)、み (mi)、む (mu)、め (me)、も (mo)
  • や (ya)、ゆ (yu)、よ (yo)
  • ら (ra)、り (ri)、る (ru)、れ (re)、ろ (ro)
  • わ (wa)、を (wo)、ん (n)

Untuk mempelajari Hiragana dengan lengkap, disarankan untuk belajar penulisan dan pengucapannya untuk tiap-tiap huruf secara teliti dan teratur.

Baca juga : Ungkapan Minta Tolong dan Memohon dalam Bahasa Jepang Dengan Audio

Alfabet Hiragana

A (あ), B (ぶ), C (く), D (で), E (え)

Alfabet Katakana

F (フ), G (ゴ), H (ハ), I (イ), J (ジ), K (カ), L (ル), M (メ), N (ン), O (オ), P (パ), Q (ク), R (レ), S (ス), T (ト), U (ウ), V (ヴ), W (ワ), X (エックス), Y (ワイ), Z (ゼット)

Latihan Menulis Huruf Hiragana Secara Mandiri

Setelah mempelajari Hiragana secara lengkap, penting untuk melatih menulis huruf tersebut dengan benar. Ada beberapa cara untuk melatih menulis Hiragana, di antaranya:

  1. Menggunakan buku latihan menulis huruf Hiragana.
  2. Mencari lembar latihan Hiragana di internet dan mencetaknya untuk digunakan sebagai latihan menulis.
  3. Menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang menyediakan fitur latihan menulis Hiragana.

Saat melatih menulis Hiragana, penting untuk memperhatikan penempatan garis dan goresan agar huruf terlihat jelas dan mudah dibaca. Latihan menulis Hiragana sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

Hiragana merupakan salah satu aksara dalam bahasa Jepang yang harus dipelajari bagi siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Jepang. Terdapat 46 karakter Hiragana yang harus dipelajari dengan teliti dan teratur.

Belajar huruf Hiragana dapat dilakukan dengan cara membaca dan menulis secara berulang-ulang serta melatih pengucapan. Melalui latihan menulis huruf secara teratur dan benar, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Hiragana serta memudahkan dalam mempelajari bahasa Jepang secara keseluruhan.

Punya pertanyaan? Langsung aja tulis dikolom komentar yah, nanti tim Tanogaido akan segera menjawab!

2 komentar

  1. Avatar
    Kinan

    A sampai z bahasa jepang katakana hirakana kanji berbeda ya?

    1. Avatar
      tanogaido

      Halo kak Kinan
      Ya berbeda kak untuk hiragana katakana & kanji untuk tiap karakter seperti halnya A – Z di romaji (alfabet)

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)