Mengenal Persamaan Budaya Jepang dan Indonesia

Persamaan Budaya Jepang dan Indonesia

Budaya Jepang adalah seluruh kebiaasaan atau kegiatan yang memiliki nilai kearifan lokal masyarakat Jepang yang terus terjaga kelestariannya sampai saat ini. Jepang sendiri dikenal sebagai negara yang sangat konsisten dalam menjaga nilai kebudayaannya.

Adalah banyak hal yang bisa dipelajari terkait dengan budaya Jepang yang mencakup seni, sikap atau tata krama, pakaian, rumah adat, upacara adat, lagu, tarian, dan masih banyak lagi.

Dalam melesetarikan kebudayaannya, masyarakat Jepang secara turun temurun mewariskannya ke setiap generasi. Itulah mengapa, Jepang dikenal dengan negara yang berbudaya tinggi.

Budaya Jepang sendiri banyak disenangi masyarakat internasional. Utamanya dalam hal dunia kerja, Jepang dengan budayanya dapat menjadi sebuah negara yang hebat.

Daftar isi:

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Budaya Jepang yang Patut Ditiru

Ada beberapa budaya Jepang yang patut ditiru. Hal ini sendiri menjadi penting agar sikap kita disukai banyak orang, baik itu kehidupan sosial dan di lingkungan kerja. Ini dia :

Menjaga Kebersihan

Budaya Jepang yang patut ditiru yang pertama adalah menjaga kebersihan. Jika Anda pergi ke Jepang, Anda akan menyaksikan lingkungan yang sangat bersih. Itu dikarenakan masyarakatnya yang sangat menjaga kebersihan

Disiplin

Nah, berikutnya disiplin. Ini juga menjadi bagian dari budaya Jepang yang patut ditiru untuk diri pribadi dan juga pada setiap aspek kehidupan kita.

Jujur dan Berdedikasi

Masyarakat Jepang sangat tidak menyukai orang yang tidak konsisten terhadap perkataannya. Sebab mereka sangat menjunjung tinggi kejujuran dan dedikasi. Ini juga merupakan budaya Jepang yang patut ditiru dalam kehidupan bersosial.

Pekerja Keras dan Tepat Waktu

Jika Anda tidak memiliki semangat kerja atau sering telat, baiknya kebiasaan itu dirubah. Apalagi jika memiliki keinginan untuk sekolah atau bekerja di Jepang. Sebab orang Jepang dikenal degan pekerja keras dan menghargai waktu. Budaya Jepang ini patut ditiru dalam dunia kerja kita, agar produktivitas tetap terjaga.

Masih ada banyak budaya Jepang yang patut ditiru seperti menghargai orang lain, sabar mengantre, menghargai proses, rajin membaca, dan banyak lainnya.

Bicara tentang Budaya Jepang, tentu ada beberapa yang sudah diadopsi di Indonesia. Utamanya sikap. Lain cerita lagi jika kita berbicara terkait dengan tradisi khas Budaya Jepang. Untuk yang khas, di Indonesia sudah ada beberapa yang sering diikuti masyarakat.

Ini Beberapa Budaya Jepang di Indonesia

Origami

Origami merupakan sendi melipat kertas. Ini bermukan budaya Jepang di Indonesia yang telah dikenal luas. Bahkan, kita mengenal origami sejak kita masih kecil. Bagaiman, kalian sudah tahu kan tentang ini, sudah berapa banyak bentuk yang kalian bisa buat?

Ikebana

Wanita Indonesia sudah tentu mengetahui hal ini. Yah, budaya Jepang di Indonesia ini juga terkenal di kalangan wanita. Sebab ikebana merupakan seni dalam merangkai bunga, dan saat ini terus berkembang di Indonesia.

Komik atau Manga

Anak – anak zaman now sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Budaya Jepang di Indonesia ini sangat disukai banyak kalangan, dimana serial komik atau manga sendiri merupakan salah satu budaya Jepang.

Samurai

Telah melegenda dan juga banyak diikuti orang. Samurai merupakan salah satu budaya Jepang di Indonesia yang sudah dekat dengan kalangan pria.

Cosplay

Mungkin tidak umum. Namun, anak-anak sekarang sudah mengenal tentang cosplay. Budaya Jepang di Indonesia ini mulai digandrungi anak muda yang berpakaian mirip dengan karakter anime yang disenangi.

Itulah beberapa Budaya Jepang di Indonesia yang telah menjadi bagian dari masyarakat. Meski demikian, ada beberapa kesamaan budaya antara Jepang dan Indonesia.

Kesamaan Budaya Jepang dan Indonesia

Kuliner

Bicara tentang budaya Jepang dan Indonesia yang memiliki kemiripan, hal paling pertama terdapat pada budaya kuliner. Kuliner kedua negara ini memiliki kesamaan yang erat, seperti makanan pokok dari nasi, dan juga Jepang dan Indonesia lebih menyukai kuliner laut. Itulah mengapa jika makanan Jepang banyak disenangi di Indonesia.

Seni Teater

Di Jepang tedapat seni pertunjukan yang disebut Kyogen. Sementara di Indonesia juga dikenal dengan sebutan Ludruk. Budaya Jepang dan Indonesia ini hampir mirip dan memiliki kesamaan yang erat.

Seni Bela Diri

Budaya Jepang dan Indonesia berikutnya yang hampir mirip yakni seni bela diri. Ini bisa dilihat dari Judo dan Silat. Kedua seni bela diri ini hampir mirip dari geraka dan juga strategi. Begitu juga dengan olah raga bulutangkis, Jepang dan Indonesia sama – sama kuat untuk olahraga ini. Melalui olagraga, budaya Jepang dan Indonesia bisa dibilang hampir mirip.

Seni Musik

Budaya Jepang dan Indonesia selanjutnya yang memiliki kemiripan yakni dari sisi seni musik. Shakuhachi merupakan alat musik yang mirip dengan suling di Indonesia yang terbuat dari bambu. Ada juga alat musik Koto yang mirip dengan kecapi.

Itulah beberapa tentang Budaya Jepang yang perlu diketahui. Adapun beberapa budaya khas Jepang yang juga patut dikenal yakni :

  • Hanami
  • Upacara Minum Teh
  • Kimono
  • Harajuku
  • Matsuri
  • Geisha
  • Kabuki

Jika ingin mengenal lebih jauh tentang Budaya Jepang, ada baiknya mengunjungi langsung negara tersebut. Kami di Tanogaido.com membuka layanan liburan ke Jepang dan juga memberikan banyak artikel – artikel terkait dengan budaya Jepang juga tempat wisatanya. (*)

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)