Mengenal 16 Warisan Budaya Dunia di Jepang

16 Warisan Budaya di Jepang

Jepang setidaknya memiliki 16 warisan budaya yang telah diakui oleh UNESCO serta PBB. Warisan budaya ini tersebar di berbagai penjuru Jepang, ada yang di Kyoto, Nara, bahkan di Hiroshima. Nah, untuk mengetahuinya lebih dalam, langsung saja simak artikel berikut ini.

1. Kuil Horyuji

Kuil Horyuji terletak di Prefektur Nara dan termasuk sebagai kuil dengan arsitektur kayu tertua di dunia dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Hal itulah yang menjadikan kuil ini menjadi situs warisan budaya sejak tahun 1993 dan situs pertama yang ada di Jepang.

Akses menuju ke kuil ini yaitu dari Stasiun JR Nara naik kereta JR Yamatoji Rapid dan berhenti di Stasiun Horyuji. Perjalanan wisata jepang ini dapat kalian tempuh selama 11 menit dengan biaya tiket sebesar 220 yen. Kemudian, kalian perlu berjalan agak jauh selama 20 menit ke arah utara hingga menemukan gerbang Kuil Horyuji.

Kuil Horyuji
Sumber: artforia.com

2. Kastil Himeji

Jika kebanyakan kastil yang ada di Jepang merupakan hasil renovasi akibat kebakaran atau kerusakan lainnya, berbeda dengan Kastil Himeji. Kastil yang terletak di Prefektur Hyogo ini merupakan bangunan asli karena tidak pernah mengalami kerusakan, kebakaran, atau lainnya. Kalian dapat menikmati keaslian bangunan ini sambil menikmati pemandangan bunga sakura yang ada.

Untuk menuju ke sini, kalian bisa berangkat dari Stasiun Kyoto, kemudian melanjutkan menggunakan kereta Shinkansen, baik Nozomi, Hikari, atau Kodama menuju stasiun Himeji. Lama perjalanannya berbeda-beda, tergantung dari jenis Shinkansen apa yang dipilih. Kira-kira lamanya sekitar 35-45 menit dan harganya sekitar 3.220 yen.

Kalian juga bisa menggunakan kereta JR biasa namun waktu yang diperlukan lebih lama yaitu 70 menit. Dari stasiun Himeji, kalian dapat berjalan selama 20 menit atau naik bus selama 5 menit.

3. Kyoto Kuno

Kyoto merupakan tempat yang memiliki banyak kuil di dalamnya, seperti Kuil Pavilion Emas Kinkakuji, Kuil Pavilion Perak, Kuil Ryoanji, Istana Nijo, Kuil Tenryuji, Kuil Kiyomizudera, dan masih banyak lagi.

Untuk mengunjungi warisan budaya yang ada di Kyoto, kalian bisa meluangkan waktu 2-3 hari. Kyoto dapat diakses baik dari Tokyo maupun Osaka. Dari kedua stasiun terbesar itu, kalian dapat naik kereta api JR Tokaido Shinkansen menuju stasiun Kyoto.

4. Shirakawago dan Gokayama

Dua tempat ini terletak di pegunungan antara prefektur Gifu dan Toyama serta terkenal dengan pemandangan musim dingin dan rumah tua khas yaitu Gasshozukurinya.

shirakawago


Kalian juga dapat menginap di rumah Gasshozukurinya dengan harga rerata per malam adalah 7.500-10.000 yen. Karena letaknya di daerah pegunungan, maka suhu udaranya akan berbeda dari kota-kota yang lain.

Akses untuk menuju Shirakawago adalah dengan menggunakan JR Hokoriku Shinkansen Kagayaki dari stasiun Tokyo menuju stasiun Kanazawa dengan perjalanan sekitar 2,5 jam dan harga tiket sekitar 14.000 yen. Untungnya, jika kalian memiliki JR Pass, tiket ini dapat digunakan untuk menuju Shirokawago.

5. Hiroshima Genbaku Dome

Hiroshima Genbaku Dome atau Atomic Bomb Dome merupakan satu-satunya bangunan yang bertahan setelah peristiwa pengeboman di Hiroshima tahun 1945 silam.

Awalnya, bangunan ini merupakan pusat perdagangan dan gudang barang yang diantar lewat sungai-sungai di sekitar Hiroshima. Jika kalian mengunjungi bangunan ini, maka lebih baik jika mengunjungi Museum Perdamaian juga.

Kalian dapat menggunakan JR Tokaido Sanyo dari stasiun Tokyo dan turun di Stasiun Hiroshima. Lama perjalanannya adalah 4 jam dengan biaya tiket sebesar 18.000 yen. Selanjutnya kalian dapat melanjutkan menggunakan tram Hiroden yang berwarna hijau dan turun di halte Genakudomu-mae. Waktu perjalanan ini adalah 15 menit dan ongkosnya adalah 150 yen.

6. Kuil Itsukushima

Kuil ini tergolong sebagai kuil unik yang berada di pulau suci Miyajima. Kuil ini menjadi ikon wisata perfektur Hiroshima selain Atomic Bomb Dome. Kalian juga dapat menikmati pengalaman menyebrang selat dan melihat gerbang Tori merah yang berada di tengah laut sampai Pulau Miyajima.

Untuk menuju kuil ini, kalian bisa berangkat dari stasiun Hiroshima menggunakan JR Sanyo Line menuju stasiun Myajimaguchi atau juga bisa menggunakan tram Hiroden. Selanjutnya, kalian langsung memesan Feri JR atau Matsudai dengan harga 170 yen. Selama 10 menit perjalanan, kalian dapat menikmati keindahan Selat Inland Sea (Seto Naikai).

Itsukushima

7. Peninggalan Nara Kuno

Jika kalian berada di Nara, kalian dapat mengunjungi beberapa warisan budaya seperti Kuil Todaiji, Kuil Kofukuji, Kuil Kasuga Taisha, serta Kuil Yakushiji.

Kalian dapat mengunjungi kuil-kuil ini dalam satu waktu, kecuali kuil Yakushiji karena letaknya yang paling jauh. Letak kuil-kuil ini berada di dekat Stasiun Nara, yaitu sekitar 20 menit perjalanan kaki atau sekitar 1,5 kilometer.

8. Kuil di Nikko

Kuil Nikko Toshogu juga merupakan warisan budaya Jepang sejak tahun 1999. Kuil ini terkenal dengan pahatan tiga monyet yang melambangkan perbuatan manusia. Selain Kuil Nikko Toshogu, juga ada Kuil Futarasan, Kuil Rinnoji, dan Jembatan Shinkyo.

Kalian dapat menuju Nikko dari Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari stasiun Asakusa, kalian dapat menggunakan kereta Tobu Skytree Line menuju stasiun Tobu-Nikko selama 160 menit dengan biaya tiket sebesar 1.300 yen.

9. Distrik Gusuku

Distrik ini terletak di wilayah Okinawa dan beberapa warisan budaya yang tercatat di sini meliputi beberapa runtuhan istana situs-situs bersejarah lainnya. Jika kalian ingin mengunjungi Okinawa, pilihan akses yang tepat adalah menggunakan pesawat domestik dari bandara Haneda maupun bandara Narita.

Selain berkunjung ke beberapa warisan budaya yang ada di sana, Okinawa juga memiliki pantai yang indah serta juga terkenal sebagai spot snorkeling atau diving.

10. Pegunungan Kii Wakayama

Selanjutnya adalah situs warisan budaya di wilayah Wakayama dan Nara. Warisan budaya ini tepatnya terletak di semenanjung Kii yang membentang dari Wakayama hingga Nara.

Beberapa warisan budaya tersebut antara lain kuil di pegunungan Yoshino-Omine, Kuil Kumano Hongu, serta air terjun Nachi. Jika kalian mengunjungi kuil-kuil yang ada di sini, pastikan untuk menghindari bulan September karena sering terjadi angin topan dan hujan deras.

11. Iwami Ginzan

iwami ginzan
Sumber: chushikokuandtokyo.org

Iwami Ginzan telah terdaftar sebagai warisan budaya sejak tahun 2007. Wilayah ini pada dasarnya merupakan bekas pusat tambang perak di prefektur Shimane. Setidaknya ada 3 spot utama tempat yang dapat dikunjungi di sini.

Yang pertama adalah area tambang itu sendiri, kemudian adalah Kota Omori yang merupakan kota kecil yang nyaman, dilengkapi dengan museum, kuil, serta kastilnya. Spot terakhir adalah Yonotsu, yang merupakan kota yang terkenal dengan onsennya.

12. Distrik Hiraizumi

Adapun kuil yang tercatat sebagai warisan budaya di Hiraizumi adalah kuil Chusonji dan Motsuji. Kuil Chusonji merupakan kuil dari ajaran Buddha Tendai dengan bangunan kuil yang sedikit berbeda dari kuil lainnya.

Sedangkan kuil Motsuji kini terkenal dengan tamannya yang indah. Kota ini juga terkenal dengan kekayaan budaya dan kekuatan politiknya sehingga mirip dengan kota Kyoto.

13. Gunung Fuji

Gunung Fuji merupakan warisan budaya Jepang selanjutnya yang telah terdaftar sejak tahun 2013. Gunung ini dianggap sebagai gunung suci bagi warga Jepang dan wajib didaki minimal sekali seumur hidup. Gunung ini juga menjadi simbol Negara Jepang dan mempengaruhi beberapa benda seni yang ada di Jepang.

14. Pabrik Benang Sutra Tomioka

Pabrik Tomioka merupakan pabrik benang sutra modern pertama yang ada di Jepang. Pabrik ini terletak di prefektur Gunma dan menjadi penanda kebangkitan industri Jepang. Pabrik ini memiliki peran yang penting yang menjadikan sutra sebagai komoditas internasional Jepang.

Tomioka
Sumber: nippon.com

15. Peninggalan Revolusi Meiji

Selanjutnya, peninggalan Meiji yang dijadikan sebagai warisan budaya meliputi beberapa bangunan yang menunjukkan revolusi industri Jepang pada zaman Meiji.

Kalian dapat menemukannya di Kota Kyushu, Saga, serta Nagasaki. Di sini, kalian juga dapat menemukan pabrik dengan teknologi canggih sebagai tanda munculnya revolusi industri di Jepang.

16. Museum Seni Barat di Ueno

Warisan budaya Jepang yang terakhir adalah Museum Seni Barat yang terletak di Ueno. Museum ini terdaftar sejak tahun 2016. Museum ini tergolong dekat dengan Stasiun Tokyo. Kalian dapat menemukan beberapa barang antik yang terpajang di sini.


Itulah 16 warisan budaya yang ada di Jepang. Bagaimana? Apa kalian berencana untuk berkunjung ke situs warisan tersebut ketika berlibur ke Jepang? Jika kalian pernah ke salah satu situs tersebut, jangan lupa bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?