Prefektur Kochi: Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Katsurahama, Tempat Wisata di Prefektur Kochi

Prefektur Kochi berada di sebelah selatan pulau Shikoku dan merupakan prefektur terbesar di pulau ini. Prefektur yang memiliki ibukota Kochi ini memiliki berbagai wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan mulai dari kastil hingga wisata alamnya yang indah.

Prefektur Kochi memiliki iklim subtropik dengan perbedaan iklim di wilayah pantai dan pegunungan. Daerah pantai memiliki udara yang cukup lembab, sedangkan di daerah pegunungan memiliki curah hujan tinggi ketika musim panas.

Pada zaman Sengoku, Prefektur Kochi dikenal dengan nama Provinsi Tosa yang dipimpin oleh Klan Chonsokabe. Kemudian, pada pemerintahan Edo, provinsi ini dipegang oleh Klan Yamauchi. Prefektur Kochi terkenal sebagai tempat lahir para tokoh politik yang cerdas di Jepang. Misalnya seperti Sakamoto Ryoma yang merupakan salah satu tokoh yang membawa nuansa modern di Jepang.

Untuk menuju ke Prefektur Kochi, kalian bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Kochiryoma, atau transportasi lain seperti kereta Shinkansen. Keberangkatan dari Tokyo bisa menggunakan Shinkansen Nozomi lalu transit di Okayama dan mengambil kereta lokal menuju Stasiun Kochi.

Tempat Wisata Prefektur Kochi

Terdapat beragam atraksi yang dapat dipilih ketika berada di Kochi, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Kuil Kochi
Kastil Kochi
Sumber: clip-jepang.com

Salah satu situs bersejarah di Kochi, yaitu Kuil Kochi. Kuil yang sudah dibangun sejak abad ke-18 ini masih mempertahankan interiornya yang menggunakan kayu. Kalian akan menemukan perbedaan antara Kastil Kochi dengan kastil lain, salah satunya adalah pada menara utama (Donjon) yang tak hanya digunakan untuk kepentingan militer tetapi juga digunakan sebagai tempat tinggal.

2. Pantai Katsurahama

Jika dilihat dari kejauhan, garis Pantai Katsurahama yang melengkung nampak sangat indah, dipadukan dengan lautnya yang berwarna biru, ditambah dengan aneka pohon pinus di sekitar pantai.

Pantai ini menjadi salah satu destinasi terkenal di Kochi. Tak hanya pemandangan alamnya saja, di sini juga terdapat 3 gua yang konon terbuat dari air hujan. Gua tersebut adalah Gua Ryuga, Gua Murotomisaki, serta Gua Ashizurimmisaki.

3. Godaisan
Godaisan
Sumber: japan-guide.com

Godaisan merupakan sebuah gunung kecil yang berada di sebelah timur Kochi. Di sini, terdapat kuil dan Botanical Garden. Kuil Chikurinji yang ada di Godaisan merupakan tempat yang penting dalam sejarah Shikoku. Di area kuil, juga terdapat beberapa bangunan penting seperti pagoda dan patung Buddha yang ada di aula kuil.



Setelah mengunjungi Kuil Chikurinji, kalian juga bisa mampir ke Makino Botanical Garden yang tak jauh dari area kuil. Beberapa jenis tanaman terawat baik di sana. Bahkan, juga terdapat rumah kaca yang selalu menarik perhatian pengunjung.

4. Harimayabashi

Harimayabashi merupakan ikon dari pusat Kota Kochi. Harimayabashi sendiri adalah sebuah jembatan merah kecil yang ada di sebelah barat jalanan.

Konon jembatan ini terkenal karena kisah cinta seorang pendeta dari Godaisan dengan gadis dari Kochi. Pendeta di Godaisan dilarang untuk berhubungan dengan seorang gadis, namun pendeta ini merahasiakan kisah cinta mereka. Hingga pada suatu saat, hubungan mereka terungkap namun pasangan tersebut melarikan diri untuk menghindari hukuman.

Selain kisah asmara di jembatan ini, Harimayabashi juga terkenal dengan pertunjukan Naruko. Awalnya, pertunjukan ini ditujukan untuk mengusir burung dari tanaman padi mereka, namun kini pertunjukan itu dijadikan sebagai festival yang dinamakan dengan Yosakoi Festival.

Yosakoi Festival
Yosakoi Festival | Sumber: id.zekkeijapan.com
5. Hidangan Khas dari Kochi

Bagi kalian yang suka dengan wisata kuliner, Jepang bisa menjadi destinasi kalian, karena Jepang memiliki jumlah prefektur yang sangat banyak dan di setiap prefektur pasti memiliki hidangan khasnya masing-masing.

Di Kochi sendiri, kalian bisa menemukan hidangan Katsuo No Tataki. Katsuo No Tataki adalah makanan yang menyajikan ikan tuna cakalang yang diiris tipis dengan bumbu cuka, shoyu, serta garam kemudian dipanggang hingga kulit luarnya terasa krispi. Kalian bisa mencoba hidangan ini di Kochi, tepatnya di Hariyamabashi.

Katsuo No Tataki
Sumber: theculturetrip.com

Itulah beberapa destinasi wisata jepang di Prefektur Kochi, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam yang bisa kalian nikmati. Apa kalian tertarik berkunjung ke Kochi?

Sumber gambar utama: worldbeachguide.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?