Tips Bermalam di Shirakawa-go, Gokayama

Tips Bermalam di Shirakawa-go, Gokayama

Tidak hanya memberikan pemandangan kota yang memiliki kemajuan dalam hal transportasi dan teknologi, Jepang juga mempunyai alam yang mampu memanjakan mata bagi siapapun yang menikmatinya.

Seperti Gokayama, berada di prefektur Toyama, Gokayama mampu menyimpan beragam hal menarik yang dapat dikunjungi wisatawan asing. Hal tersebut bisa kamu lihat lewat bentuk bangunan tradisional dengan atap segitiga tinggi. Rumah tersebut berbahan atap jerami atau biasa disebut gassho zukuri.

Karena rumah ini, Gokayama masuk sebagai Peninggalan Dunia UNESCO sama halnya dengan Shirakawa-go.

Diantara pemandangan indah rumah-rumah ini, ada banyak bangunan gassho yang berada di banyak tempat dan tertapa dengan sangat rapi. Setidaknya ada 20 bangunan gassho yang berada di Ainokura sekaligus membuat daerah ini menjadi desa yang memiliki bangunan gassho paling banyak.

Kebanyakan rumah-rumah ini adalah rumah tinggal. Selain itu, beberapa diantaranya sudah dijadikan sebagai museum, restoran, atau penginapan. Lebih menariknya, rumah ini memiliki usia diatas 300 tahun serta dibiarkan guna menjaga nilai sejarah.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Bermalam di Shirakawa-go Gokayama

Apabila kamu pernah bermalam di ryokan, rasanya kurang lebih sama. Bangunan di gassho zukuri tersebut dilapisi lantai tatami dan dilengkapi kursi dan meja berukuran kecil. Kamu dapat sarapan atau makan malam dengan pemilik rumah, biasanya akan disediakan menu tradisional.

Agar bisa bermalam di Shirakawa-go Gokayama, kamu harus melakukan check-in lebih dulu paling lama pukul 5 sore. Kemudian untuk malam hari kamu dapat beristirahat menggunakan futon, yakni kain tebal sebagai alas tidur tradisional.

Tapi, bagi kamu yang sering bermalam di kamar hotel, mungkin akan sedikit kaget lantaran fasilitas yang sangat sedikit. Tak ada layanan kamar, internet, atau tempat tidur. Tapi dijamin, pengalaman menginap di bangunan gassho zukuri bisa menjadi kenangan yang tidak pernah terlupakan.

Menurut pengalaman banyak wisatawan, biaya menginap untuk semalam di Shirakawa-go sedikit mahal ketimbang di hotel. Rata-rata harganya dibanderol 7000 hingga 25000 yen. Tergantung dengan fasilitas dan ukuran rumah.

Panduan Bermalam di Shirakawa-go Gokayama

Kamu dapat melakukan booking atau pemesanan lewat situs web. Dengan banyaknya orang-orang yang ingin bermalam di gassho zukuri ini, terlebih jumlah rumah juga tidak banyak, maka kamu perlu memesannya jauh-jauh hari.

Lalu untuk sistem pembayarannya, dilakukan memakai uang tunai ketika kamu akan check-in atau masuk. Pastikan juga membawa uang cash dengan jumlah cukup [kurang lebih 15000 hingga 30000 yen] guna mengcover seluruh keperluan saat berlibur di Gokayama dan Shirakawa-go.

Sebagai tambahan informasi, di Gokayama dan Shirakawa-go juga disediakan mesin ATM, tapi jumlah uang cash hanya sedikit. Kemudian jam operasional pada hari kerja adalah jam 8 pagi sampai 5 sore.

Rekomendasi Penginapan Super Murah di Shirakawa-go Gokayama

Menurut beberapa pengunjung, direkomendasikan agar memesan rumah gassho zukuri dua hingga tiga bulan sebelumnya, pasalnya rumah ini sangat ramai dengan wisatawan. Ada wisatawan yang memesan satu minggu sebelum keberangkatan, tapi akhirnya mereka belum mendapat kamar.

Tapi, ada penginapan dengan biaya murah di Shirakawa-go, yakni Hostel Ant Hut. Hotel ini dijalankan oleh kakek dan nenek yang sangat baik dan ramah. Untuk bermalam di Shirakawa-go Gokayama, kamu disarankan menunggu di Terminal Shirakawa-go dan menunggu ada kakek yang menjemput di sore hari.

Jika berlibur kesana saat musim dingin dan salju sedang turun, kamu bisa memilih untuk memesan pick up service Hostel Ant Hut. Penginapan ini sangat disarankan bagi kamu yang mencari rumah menginap murah di Shirakawa-go. Tarifnya sendiri hanya dibanderol 4500 yen untuk satu malam.

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)