Info Wisata di Biwako Valley, Shiga

Biwako Valley

Biwako Valley adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di prefektur Shiga, Jepang. Tempat ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pada saat musim gugur dan musim dingin. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai wisata di Biwako Valley dan tips-tips yang berguna saat berkunjung ke tempat ini.

Mengapa Harus Mengunjungi Biwako Valley?

Biwako Valley menawarkan pemandangan yang menakjubkan sepanjang tahun, mulai dari indahnya warna-warni daun di musim gugur, hingga keindahan salju dan kegiatan olahraga di musim dingin. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak aktivitas seru seperti menaiki kereta gantung atau snowboarding.

Nikmati pengalaman outdoor sembari nikmati panorama alam alam serta pegunungan di Biwako Valley. Biwako ini menunjuk pada danau Biwa yang termasuk danau terbesar serta lokasinya di Prefektur Shiga, pas di sebelah timur Kyoto. Perjalanan dari Kyoto juga relatif dekat cuma 1 kali naik kereta sepanjang 40 menitan.

Nama Biwako Valley memanglah tidak sangat populer di Indonesia. Tetapi di Jepang sendiri, tempat ini menjadi tempat kesukaan para anak muda di musim panas. Lokasinya yang terletak di tengah-tengah Negeri Jepang, membuat tempat ini jadi mudah diakses dari bermacam kota. Para murid dan juga mahasiswa dari wilayah Kansai, Kanazawa, Toyama sampai ke Nagoya tiba ke Biwako Valley buat berhura-hura menghabiskan waktu liburan musim panas.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Pada awalnya, Biwako Valley merupakan ski resort yang cuma buka saat musim dingin. Tetapi, sebab promosi panorama alam gondola di musim panas dengan panorama alam Danau Biwa, nama Biwako Valley mendadak meledak serta menjadi destinasi kesukaan yang digandrungi pemuda-pemudi Jepang.

Aktivitas seru di Biwako Valley

Menaiki Ropeway langsung ke atas

Biwako Valley terletak di atas gunung Horai di ketinggian 1100 m. Sepanjang perjalanan 5 menit hingga ke atas, kita dapat menikmati panorama alam Danau Biwa. Anda dapat naik ropeway di siang hari menikmati panorama alam danau serta langit terang. Tiket pulang pergi (naik turunnya) 2.500 yen buat dewasa, 1.000 yen buat anak SD, serta 600 yen buat anak di bawah SD.

Menikmati Cafe Terrace

Di mana lagi kita dapat menikmati panorama alam indah dari atas gunung tidak hanya di Cafe Terrace Biwako Valley. Di hari yang terang, kita dapat memandang permukaan air danau yang memantulkan cahaya matahari mirip seperti berlian yang berkilau-kilauan dari Infinity Lounge. Anda dapat memesan kopi ataupun teh, sembari bersantai dapat di kursi di dalam cafe ataupun duduk di teras terbuka langsung menghadap ke danau Biwako. Tempat duduknya besar-besar dan banyak, lokasinya juga nyaman. Jadi buat para orangtua tidak harus khawatir bawa anak ke sini.

Di ujung jalan, terdapat suatu posisi berupa hati, namanya Koibito No Seiki. Di sini umumnya para pasangan berfoto bersama dan termasuk spot terpilih di Cafe Terrace. Konon katanya, siapa yang mengambil gambar di sini tidak akan terpisahkan selamanya.

Tidak hanya Cafe Terrace terdapat 2 restoran lain yang buka tiap hari yakni Bird Castle serta Ekinaka Shokudo. Pula restoran Lake View yang buka di hari libur.

Petualangan outdoor seru Zipline

Buat kalian para pemuda aktif, dapat mencoba arena game outdoor Zipline. Terdapat banyak wahana game menantang, menyeberangi jembatan tali sky walker, menyeberangi batang tumbuhan, kemudian terdapat pula flying fox. Nikmati langsung angin pegunungan yang menerpa tubuh sembari menikmati panorama alam Danau Biwa yang pasti tingkatkan adrenalin. Seluruh anggota keluarga bisa ikut, karena tidak terdapat batas usia serta besar tubuh. Total terdapat 7 course dengan 18 wahana yang dapat dinaiki oleh siapa saja.

Bagi Anda yang anaknya masih kecil ataupun balita tenang saja. Anda bisa naik lift wisata. Lift ini menunjuk pada gondola yang dipakai dikala musim dingin bermain ski. Sembari naik gondola, kita dapat merasakan terpaan angin serta panorama alam pegunungan dan danau. Anak-anak akan sangat gembira dapat melihat panorama alam baru ini. Kemudian terdapat pula area game dengan macam-macam wahana. Berita baiknya, semuanya gratis dimainkan sepuasnya. Terdapat arena panjat tebing setinggi 50 m yang diatur buat anak, koro-koro batting, arena berseluncur dengan sled di Summer Land, ayunan kayu ke arah Danau Biwako, serta arena game yang lain yang rata- rata terbuat dengan perlengkapan simpel serta gampang dimainkan.

Stasiun Zipline di Biwako Valley
Stasiun Zipline di Biwako Valley

Arena game cuma dibuka saat green season di musim semi serta musim panas, mulai dari bertepatan pada 27 April sampai 11 November. Buka dari jam 10.00 sampai 14.30. Biayanya yakni 3.800 yen serta dapat mendaftar di loket tiket di stasiun Ropewat Sancho lantai 1. Amati saja papan indikator Zipline Adventure ataupun Skywalker. Ada juga rental beberapa barang seperti: sepatu santai 300 yen, raincoat apabila hari hujan/gerimis 500 yen, sarung tangan original 120 yen, ataupun celana panjang sport 300 yen.

Tempat pendaftaran aktivitas zipline di Biwako Valley
Tempat pendaftaran aktivitas zipline di Biwako Valley

Hiking di Biwako Valley

Pengen coba naik gunung di Jepang? Pasti hendak sangat berat apabila langsung mendaki gunung Fuji. Sahabat yang di Tokyo umumnya hiking naik Gunung Takao, nah buat yang di sekitaran Kansai dapat berangkat hiking di Biwako Terrace.

Zipline di Biwako Valley
Zipline di Biwako Valley

Tips Berkunjung ke Biwako Valley

  1. Waktu yang tepat Untuk melihat pemandangan yang indah, waktu terbaik untuk mengunjungi Biwako Valley adalah pada saat musim gugur (akhir Oktober hingga awal November) atau musim dingin (Desember hingga Maret). Pada musim panas, suhu cukup tinggi sehingga perlu dihindari.
  2. Transportasi ke Biwako Valley Untuk menuju ke Biwako Valley, kamu bisa menggunakan kereta JR maupun bus. Dari stasiun Kosei, kamu bisa naik kereta gantung atau bus menuju Biwako Valley.
  3. Biaya tiket masuk Biaya tiket masuk ke Biwako Valley adalah sekitar 2,500 yen untuk orang dewasa dan 1,300 yen untuk anak-anak. Namun, terdapat paket tiket yang bisa kamu beli untuk mendapatkan diskon.
  4. Persiapan yang perlu dilakukan sebelum berkunjung Pastikan kamu membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca saat berkunjung. Selain itu, sebaiknya kamu membawa makanan dan minuman sendiri karena di dalam Biwako Valley terdapat sedikit pilihan makanan.
Tourist lift Biwako Valley
Tourist lift Biwako Valley

Tempat Menarik di Biwako Valley

  1. Biwako Terrace adalah sebuah tempat yang terletak di puncak Biwako Valley. Tempat ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan suasana yang seru.
  1. Snowland Yeti adalah sebuah tempat ski yang terletak di Biwako Valley. Tempat ini menawarkan aktivitas ski dan snowboard yang menyenangkan. Selain itu, tempat ini juga memiliki area bermain salju dan arena anak-anak.
  2. Ropeway Biwako Valley adalah sebuah kereta gantung yang membawa kamu ke puncak Biwako Valley. Selama perjalanan, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah. Di puncak, terdapat restoran dan area bermain salju.

Makanan Khas Biwako Valley

  1. Omi Beef adalah sebuah hidangan daging sapi yang terkenal di Jepang. Daging sapi ini berasal dari Shiga, termasuk Biwako Valley. Omi Beef sangat terkenal karena kelezatannya dan kualitasnya yang tinggi.
  2. Hieizan Enryaku Soba adalah hidangan mi soba yang terkenal di Shiga. Mi soba ini dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas dan rasanya sangat enak.
  3. Biwako Katsu adalah hidangan daging babi goreng yang terkenal di Biwako Valley. Daging babi yang digunakan adalah daging berkualitas tinggi dan rasanya sangat lezat.

Penginapan di Biwako Valley

  1. The Biwako Hotel adalah hotel yang terletak di dekat Biwako Terrace. Hotel ini menawarkan pemandangan yang indah dan kamar yang nyaman.
  2. Biwako Grand Hotel adalah hotel yang terletak di dekat stasiun Kosei. Hotel ini menawarkan pemandangan dan kenyamanan yang luar biasa.
  3. Biwako Otsu Prince Hotel adalah hotel yang terletak di sebelah danau Biwa. Hotel ini menawarkan pemandangan yang indah dan kamar yang nyaman.

Akses mengarah ke Biwako Terrace

Dari Stasiun Kyoto, kita dapat naik kereta JR Kosei Line hingga di Stasiun Shiga lewat kota Otsu. Lama ekspedisi kisaran 35-40 menit dengan ongkos 580 yen.

Setibanya di Stasiun Shiga, kita tinggal berjalan kaki ke Resort Ski Biwako Valley sepanjang 15-20 menit ataupun dengan naik bus lokal Kojaku sepanjang 10 menit dari Stasiun Shiga hingga ke stasiun Sanroku (stasiun keberangkatan gondola di kaki gunung). Ongkos bus untuk dewasa 330 yen dan 170 yen untuk anak-anak buat sekali jalan.

Bagi Anda yang mau perjalanan PP dari Kyoto, segala ongkos kereta dari Kyoto ataupun Osaka mengarah ke Resort Ski Biwako Valley tercover oleh JR PASS ataupun Kansai Pass. Bus dari Shiga Station berangkat jam 09.05, 09.43, 10.27, 11.13, 11.52, serta 12.28 di hari kerja setelah itu jam 08.44, 09.01, 09.23, 09.43, 09.59, 10.26, 10.52, serta 11.28 di hari libur. Dengan biaya 330 yen untuk dewasa dan juga 170 yen untuk anak-anak.

Kesimpulan

Biwako Valley adalah destinasi wisata yang menakjubkan di Shiga, Jepang. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah sepanjang tahun dan melakukan aktivitas yang seru. Pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat menarik seperti Biwako Terrace, Snowland Yeti, dan Ropeway Biwako Valley. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas seperti Omi Beef, Hieizan Enryaku Soba, dan Biwako Katsu. Dan yang terakhir, pastikan untuk menginap di salah satu dari tiga hotel terbaik di Biwako Valley.

2 komentar

  1. Avatar
    Rin

    Apakah bus kojaku dari shiga sta ke sanroku station tercover JR pass?

    Apabila jalan kaki dari shiga station ke sanroku station, apakah banyak petunjuk jalannya? Apakah mudah ditempuh dengan berjalan kaki?

    Mohon infonya terima kasih

    1. Avatar
      tanogaido

      Halo kak Rin…
      1. Untuk jawaban pertanyaan pertama dia Tidak tercover JR PASS yah.
      2. Petunjuk jelas kak, tapi tidak disarankan untuk berjalan kaki dari Shiga station menuju ke Sanroku station (Biwako Valley Ropeway) karena berjarak 2,8 km (sekitar 45 menit on foot).

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)