Informasi Stasiun Sapporo

Informasi Stasiun Sapporo

Sahabat tanogaido kali ini kita membahas seputaran stasiun sapporo yang ada di jepang. Stasiun Sapporo adalah stasiun kereta api utama di Kota Sapporo, Hokkaido, Jepang. Stasiun ini terletak di Distrik Chuo dan melayani lebih dari 200.000 penumpang setiap harinya. Stasiun ini menjadi stasiun kereta api terbesar ke-5 di Jepang dari segi luas wilayahnya.

Stasiun ini dibangun pada tahun 1880-an dan mulai beroperasi pada tahun 1880. Stasiun ini mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan sejak saat itu. Pada tahun 1908, stasiun tersebut dihancurkan oleh kebakaran dan kemudian dibangun kembali. Pada tahun 2003, stasiun ini mengalami perluasan besar-besaran untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang.

Stasiun Sapporo sudah jadi pusat dari pergerakan kereta api ke utara Hokaido (Asahikawa serta Abashiri) ke Hakodate di selatan, ke Barat (Otaru serta Teine), serta pastinya ke tenggara mengarah Bandara Shin-Chitose yang jadi penghubung utama Hokkaido dengan Tokyo ataupun Osaka. Sapporo ini merupakan ibukota sekalian kota terpadat di pulau Hokkaido. Bangunan Stasiun Sapporo juga jadi bangunan paling tinggi di Hokkaido, yang berisi perkantoran serta pusat perbelanjaan, dan pusat kegiatan warga seperti Odori Park.

Stasiun Sapporo terdiri dari 10 jalur, dengan pembagian selaku berikut:

  • Jalur 1-4, melayani Hakodate Main Line mengarah Otaru serta Teine
  • Jalur 5-6, melayani Chitose Line mengarah Minami-Chitose serta Bandara Shin-Chitose
  • Jalur 7-8, melayani Hakodate Main Line mengarah Ebetsu serta Iwamizawa serta Asahikawa
  • Jalur 9-10, melayani Sasshō Line mengarah Ishikari-Tōbetsu

Buat loker penitipan koper ataupun beberapa barang di Stasiun Sapporo, bisa ditemui di west concourse, east concourse, north exit, south exit.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Fasilitas Stasiun Sapporo

Stasiun tersebut memiliki bangunan yang besar dengan empat lantai. Lantai pertama digunakan sebagai pusat perbelanjaan dan food court, sementara lantai kedua dan ketiga digunakan untuk peron kereta api dan area tunggu. Lantai keempat digunakan sebagai ruang rapat.

Informasi Kereta Api yang Melintasi Stasiun Sapporo

Stasiun ini menjadi titik persimpangan dari beberapa jalur kereta api di Hokkaido. Beberapa jalur kereta api yang melintasi Stasiun ini antara lain:

Jalur JR Hokkaido

JR Hokkaido adalah jalur kereta api yang menghubungkan berbagai kota di Hokkaido, mulai dari Hakodate di selatan hingga Abashiri di utara. Kereta api dari jalur ini berhenti di Sapporo stasiun.

Jalur Rapid Airport

Jalur Rapid Airport adalah jalur kereta api yang menghubungkan Sapporo stasiun dengan Bandara Internasional New Chitose. Kereta api dari jalur ini beroperasi setiap 15 menit dan memakan waktu sekitar 37 menit untuk perjalanan dari Sapporo ke bandara.

Jalur Sapporo Subway

Jalur Sapporo Subway adalah jalur kereta bawah tanah di Kota Sapporo. Jalur ini memiliki tiga jalur utama, yaitu jalur Toho, jalur Namboku, dan jalur Tozai. Sapporo stasiun di jepang menjadi salah satu stasiun transfer di jalur ini.

Aktivitas Menarik di Sekitar Stasiun Sapporo

Panorama alam kota Sapporo dari tower JR Sapporo

Tidak hanya sebagai stasiun kereta api, Anda juga dapat lihat panorama alam kota Sapporo 360 derajat dari ketinggian di T38 Observation Deck. Dengan masuk ke tower JR (JR Menara) yang tersambung langsung dengan Stasiun Sapporo. Dengan ketinggian 38 lantai ataupun hampir 160 m dari permukaan tanah, Anda dapat melihat panorama Kota Sapporo dari atas sini. Anda juga dapat menikmati panorama alam sembari menyantap makanan ataupun minuman.

Bangunan Stasiun Sapporo yang megah
Bangunan Stasiun Sapporo yang megah

Selain itu, terdapat toko yang menjual suvenir khas Sapporo serta kereta api JR. Tim Tanogaido menganjurkan buat tiba malam hari (kisaran jam 18.00-19.30) buat melihat panorama alam malam kota Sapporo di sini. Waktu tersebut merupakan waktu sempurna, di mana langit telah hitam serta keadaan T38 masih agak hening sehingga kita bebas buat berkeliling serta mengambil gambar. Terus menjadi malam (T38 tutup kisaran jam 23.00), kondisi akan terus menjadi ramai sebab terdapat banyak pekerja yang menghabiskan waktu buat mengobrol ataupun semata-mata makan malam di tempat ini.

Belanja oleh-oleh murah khas Sapporo

Sapporo mempunyai banyak tempat perbelanjaan dengan harga terjangkau serta bebas pajak. Cukup dengan menampilkan paspor kepada kasir, Anda dapat memperoleh potongan harga! Pertama, Anda dapat mengarah ke pusat perbelanjaan besar yang terletak di Stasiun Sapporo. Di sini Anda dapat memperoleh segalanya yang kita mau mulai dari toko oleh-oleh, busana, perhiasan, kosmetik, serta elektronik. Mampirlah ke supermarket Daimaru di bagian barat ataupun supermarket Esta di bagian timur di mana kita dapat memperoleh oleh-oleh misalnya Kitkat dengan bermacam berbagai alterasi rasa.

Ada juga Uniqlo yang sediakan busana musim dingin ataupun Yodobashi Kamera di mana kita dapat mendapatkan perlengkapan elektronik yang dibutuhkan. Ada juga toko 100 Yen Daiso serta Can Do di mana kita dapat memperoleh suvenir serta oleh-oleh khas Jepang dengan harga rata 100 Yen. Toko- toko umumnya buka jam 10 pagi sampai jam 8 malam, sebaliknya restoran buka dari jam 10 pagi sampai 11 malam.

Department Store Esta di dekat Stasiun Sapporo
Department Store Esta di dekat Stasiun Sapporo

Akses Menuju ke Sapporo

DENGAN PESAWAT TERBANG

Dari Tokyo Anda dapat berangkat ke Sapporo (Bandara New Chitose) dengan pesawat terbang dalam negeri. Maskapai JAL, ANA, ataupun Air Do mempunyai paket penerbangan murah dari Haneda ke Sapporo mulai dari 10.000 yen–27.000 yen. Dari bandara naik kereta JR Chitose Line hingga ke JR Sapporo Station kurang lebih 35 menit. Taman Odori dapat dicapai dengan berjalan kaki dekat 10 menit dari pintu keluar selatan Sapporo Station.

DENGAN KERETA

Anda dapat naik JR Hokkaido Shinkansen dari Tokyo hingga ke Shin Hakodate Hokuto sepanjang 4 jam dengan harga tiket 22.690 yen yang tercover oleh Japan East South Hokkaido Rail Pass serta JR Pass. Dari Hakodate Anda dapat melanjutkan ekspedisi hingga ke Sapporo dengan kereta JR Ekspress Hokuto sepanjang 3,5 jam dengan ongkos 5.720 yen. Untuk catatan, semenjak dioperasikannya Hokkaido Shinkansen, sleeper train ke Sapporo telah tidak beroperasi lagi.

Akses ke Stasiun Sapporo

  • Naik kereta api ekspress JR dari Bandara New-Chitose, lama ekspedisi 30 menit dengan ongkos 840 yen.
  • Naik kereta api Super Kamui 8 dari Stasiun Asahikawa, lama ekspedisi 80 menit dengan ongkos 2.490 yen.
  • Naik kereta JR Hakodate Line dari Stasiun Otaru, lama ekspedisi 45 menit dengan ongkos 640 yen.

Informasi Akomodasi di Sekitar Stasiun Sapporo

sebagai tempat menginap selama berlibur atau bepergian di Kota Sapporo. Beberapa pilihan akomodasi di sekitar stasiun antara lain:

  • Sapporo Grand Hotel
  • Cross Hotel Sapporo
  • APA Hotel Sapporo Susukino Ekimae

Kuliner Khas di Sekitar Stasiun Sapporo

Kota Sapporo terkenal dengan makanannya yang enak dan memiliki banyak restoran yang bisa dinikmati di sekitar Stasiun. Beberapa kuliner khas yang bisa dicoba di sekitar stasiun antara lain:

Ramen

Ramen adalah mie kuah yang terkenal di seluruh Jepang dan Sapporo menjadi salah satu tempat terbaik untuk mencicipinya. Beberapa restoran ramen yang terkenal di sekitar Stasiun antara lain Ramen Republic dan Ramen Yokocho.

Soup Curry

Soup Curry adalah hidangan kari dengan kuah kaldu yang banyak disukai di Kota Sapporo. Beberapa restoran Soup Curry terkenal di sekitar Stasiun antara lain Suage dan Gombei.

Jingisukan

Jingisukan adalah hidangan daging panggang yang terkenal di Hokkaido. Beberapa restoran Jingisukan terkenal di sekitar Stasiun antara lain Jingisukan Daruma dan Jingisukan Zen.

Kesimpulan

Stasiun Sapporo menjadi titik penting bagi perjalanan kereta api di Hokkaido dan juga menjadi pusat aktivitas wisata dan kuliner di Kota Sapporo. Dengan berbagai tempat wisata menarik, transportasi yang mudah, dan banyak pilihan akomodasi dan kuliner khas, Stasiun Sapporo menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Hokkaido.

logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi form berikut!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Ingin Liburan ke Jepang? coba Paket Tour Jepang dari Tanogaido. Silahkan menghubungi kami melalui kontak whatsapp yang tersedia untuk info detailnya.




Tinggalkan komentar

Informasi Terkait :
Informasi Terbaru :

Layanan Jasa Tanogaido

Tanogaido adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Translate »
Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?