Supaya Tidak Tersesat, Pahami Jalur Kereta dan Akses ke Stasiun Kyoto

Stasiun Kyoto

Stasiun Kyoto merupakan stasiun termegah di pusat Kyoto dan juga stasiun tersibuk di Kyoto. Stasiun ini menghubungkan kereta lokal, Shinkansen, serta bus-bus di kota Kyoto.

Pada mulanya, stasiun ini mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1997. Stasiun ini memiliki desain yang modern dan sangat futuristik. Sayangnya, desain Hara Hiroshi pada stasiun ini tidak berhubungan dengan sejarah Kota Kyoto.

Stasiun ini memiliki 2 sisi yang berbeda, yaitu Karasuma dan Hachijo. Karasuma yang berada di pintu utara ini lebih ramai daripada Hachijo. Yap, bagian ini menghubungkan Stasiun Kyoto dengan hotel, mall, Kyoto Tower, bahkan terminal bus utama berada di sisi ini. Sedangkan sisi selatan, Hachijo lebih tenang karena menyediakan lebih sedikit akses ke hotel, Toji Temple, dan beberapa bus kota.

Jika kalian berada di Kyoto dan ingin berkeliling Kyoto sebelum waktu check-in hotel, maka kalian bisa memanfaatkan loker yang disediakan oleh stasiun. Loker ini dapat digunakan untuk menitipkan barang-barang kalian. Total terdapat 7 lokasi loker dengan kurang lebih 250 loker berukuran besar.

Loker-loker ini terletak di berbagai spot, mulai dari dekat pintu JR Tokaido Line, Shinkansen, hingga dekat Airport Line. Untuk lebih detailnya, ini beberapa spot tempat loker yang dapat kalian temukan.

  1. Dekat pintu keluar utara, barat, dan selatan (sisi Hachijo).
  2. Di sebelah kiri akses menuju Kyoto Theater dari kantor tiket Central Stasiun Kyoto.
  3. Sebelah kiri pintu keluar tengah Stasiun Kyoto, dekat dengan pintu masuk Porta Shopping Mall.
Peta Stasiun Kyoto
kyotostation.com

Walaupun terdapat 250 lebih loker yang telah disediakan, tetapi jika kalian ingin menitipkan barang di atas jam 12 siang, kemungkinan loker yang masih kosong itu sudah tidak ada, jadi lebih baik jika kalian menitipkan barang di hotel tujuan saja.

Selain itu, tidak perlu khawatir tersesat berada di stasiun yang begitu besar ini karena terdapat tourist information yang berada di lantai 2 dan lantai 9. Di lantai 2 adalah Pusat Informasi Wisata Umum, para staf menggunakan berbagai bahasa sebagai pengantar, termasuk bahasa Inggris. Tetapi, jika kalian ingin informasi detail menggunakan bahasa inggris, maka pergilah ke Pusat Informasi Internasional di lantai 9.

Stasiun Kyoto yang merupakan stasiun terbesar di Kyoto ini memiliki 14 lebih jalur kereta api. Nah, berikut adalah pembagian dari jalur-jalur yang ada di stasiun Kyoto.

  1. Jalur 0, kereta Limited Express Thunderbid dengan tujuan Fukui dan Kanazawa, jalur Tokaido Line, Chuo Line, Takayama Line menuju Maibara, Nagano, Takayama.
  2. Jalur 2-3, Biwako Line dan Konsei Line dengan tujuan Hikone, Otsu, Maibara di Prefektur Shiga.
  3. Jalur 4-5, JR Kyoto Line menuju Osaka dan Kobe.
  4. Jalur 6-7, Kansai Airport Line, JR Haruka menuju Bandara Kansai, JR Hokuriku Line, JR Tokaido Line menuju Osaka, Chizu Ekspress menuju Tottori, dan Kinokuni Line menuju Wakayama.
  5. Jalur 8-10, Nara Line menuju Nara dan Uji Kyoto.
  6. Jalur 11-12, JR Tokaido Line menuju Nagoya dan Tokyo.
  7. Jalur 13-14, JR Tokaido Line menuju menuju Shin-Osaka dan Fukuoka.
  8. Jalur 30, JR Kansai Airport Line dan Kereta Ekspress Haruka.
  9. Jalur 30-35, JR Sagano Line dan Sanin Main Line menuju Kinosaki Onsen, Kameoka, Amanoshidate.
  10. Beberapa jalur subway menuju kota Kyoto.
Arsitektur Stasiun Kyoto

Uniknya, selain berbagai fasilitas stasiun yang ada, kalian juga dapat menemukan hotel, museum seni, teater, tempat perbelanjaan, bahkan restoran di lantai 15 gedung ini. Akses menuju stasiun ini dapat menggunakan kereta bahkan pesawat jika berangkat dari Tokyo.

Adapun kereta yang dapat digunakan dari stasiun Tokyo adalah kereta Nozomi, Hikari, atau Kodama. Sedangkan jika menggunakan pesawat dan menuju Bandara Kansai, maka kalian harus menggunakan kereta JR Haruka untuk menuju Stasiun Kyoto.


Itulah sedikit ulasan tentang stasiun Kyoto yang merupakan stasiun terbesar di kota tersebut. Semoga dengan artikel ini, kalian bisa mengetahui jalur kereta yang digunakan sesuai tujuan kalian dan juga akses menuju stasiun Kyoto.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?