Informasi Bandara Kansai Osaka Jepang

bandara kansai

Bandara Kansai Osaka Jepang (KIX) adalah bandara internasional yang terletak di pulau buatan di Teluk Osaka, Jepang. Bandara ini dibuka pada tahun 1994 dan merupakan salah satu bandara terbesar di Jepang.

Bandara Kansai Osaka Jepang memiliki tiga landasan pacu dan tiga terminal penumpang, yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal Internasional. Terminal 1 dan Terminal 2 digunakan untuk penerbangan domestik, sedangkan Terminal Internasional digunakan untuk penerbangan internasional.

Bandara Kansai Osaka Jepang terhubung dengan jaringan transportasi publik yang luas, seperti kereta api cepat (shinkansen), kereta komuter, dan bus. Ada juga layanan taksi dan sewa mobil yang tersedia di bandara.

Bandara Kansai Osaka Jepang melayani penerbangan dari berbagai maskapai internasional dan domestik, seperti Japan Airlines, ANA, Cathay Pacific, dan Emirates. Bandara ini juga merupakan hub untuk maskapai penerbangan budget, Peach Aviation.

Bandara Kansai Osaka Jepang sendiri merupakan pintu gerbang penting bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Osaka, Kyoto, Nara, dan kota-kota lain di Kansai. Bandara ini juga memiliki akses mudah ke kawasan industri di Jepang, sehingga penting bagi pengusaha dan perusahaan yang melakukan impor dan ekspor barang.

Dari Bandara Kansai ini, Dana dapat ke Osaka, Kyoto, Kobe, dengan menggunakan kereta api ataupun bus dari Halte 1. Posisi stasiun terletak di lantai 2 Halte 1. Sedangkan bila memakai Halte 2 (di mana maskapai Peach serta maskapai penerbangan murah yang lain berasa), Dana wajib ke Halte 1 dahulu setelah itu naik bis transfer ke Halte 2.

Untuk rekan- rekan muslim terdapat total 3 ruangan shalat di lantai 4 bagian utara halte 1 (dekat Gate 11), lantai 3 halte 1, ataupun lantai 4 bagian selatan halte 1 (dekat Gate 26). Buka dari jam 07.00-21.00 dan juga terdapat total shower buka 24 jam dengan membayar uang koin yang terletak di lantai 2 bagian utara halte 1 serta Aeroplaza di lantai 2. Biayanya 500 yen / 600 yen buat konsumsi 15 menit. Ada pula hdanuk, sampo, conditioner, serta sabun mdani.

Transportasi ke Kota-Kota Besar dari serta mengarah ke Kansai Airport

Transportasi ke Kyoto

1) Dengan memakai kereta limited express JR Haruka (warna putih biru)

Langsung, 70 menit, 1800 – 3630 yen, ada 2 kereta per jam. Perjalanan dari Kansai Airport ke Kyoto dengan memakai kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu kisaran 70 menit. Biayanya 2.900 yen buat kursi biasa serta 3.630 yen buat kursi reservasi. Sedangkan itu, bila Dana mempunyai Kartu ICOCA-Haruka (khusus turis asing), Dana dapat membeli tiket dengan harga 1.800 yen.

2) Dengan kereta cepat JR (warna silver)

1 Transfer, 100 menit, 1.910 yen, terdapat 4 kereta per jam. Buat ke Kyoto, Dana dapat mengambil kereta cepat JR dari Kansai Airport, transfer di Stasiun Osaka, setelah itu mengambil kereta JR Kyoto. Biaya tiketnya sebesar 1.910 yen, serta memakan waktu 100 menit.

3) Dengan kereta Nankai (warna biru tua) serta Hankyu

2 transfer, 120 menit, 1.610 yen, banyak kereta. Dari Kansai Airport, ambil kereta ekspress Nankai ke Stasiun Tengachaya (40 menit, harga tiket 930 yen), setelah itu berpindah ke Sakaisuji Subway Line serta kereta Hankyu ke pusat Kyoto (60 menit, harga tiket 680 yen). Dikala naik kereta Hankyu kita hendak berpindah kereta di Stasiun Awaji, Ibaraki Shi, ataupun Takatsuki, tetapi masih memakai kereta Hankyu (Dana tidak usah membeli tiket lagi).

4) Naik Bus

Di Kansai Airport ada Airport Limousine bus ke Stasiun Kyoto, Stasiun Nijo, Shijo Karasuma, hingga ke Stasiun Demachiyanagi. Lama perjalanan yaitu 100 menit dengan harga tiket 2.600 yen.

5) Naik Taksi ataupun Mobil Sewaan

Sebab jaraknya yang jauh dari Kyoto (hampir 40 km), Tim Tanogaido tidak menganjurkan naik taksi. Biaya taksi ke Kyoto dapat menggapai 22.000-27.000 yen. Dapat pula dengan naik mobil sewaan yang lebih praktis buat Dana yang tiba dalam rombongan ataupun keluarga besar. Ada layanan penjemputan Lapangan terbang Kansai ke Osaka / Kyoto serta kebalikannya.

Transportasi ke Osaka

1) Dengan memakai kereta limited ekspress JR Haruka (warna putih biru)

Langsung, 50 menit, 1.600-3.110 yen, ada 2 kereta per jam. Perjalanan dari Kansai Airport ke Stasiun Shin-Osaka dengan memakai kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu kisaran 50 menit. Biayanya 2.380 yen buat kursi biasa serta 3.110 yen buat kursi reservasi. Sedangkan itu, bila Dana mempunyai kartu ICOCA (khusus turis asing), Dana dapat membeli tiket dengan harga 1.600 yen. Ingat kereta limited ekspress JR Haruka tidak berhenti di stasiun Osaka, tetapi stasiun Shinkansen Shin-Osaka.

2) Dengan kereta cepat JR (warna silver)

Langsung, 70 menit, 1.190 yen, 3 kereta per jam. Jalur kereta JR sama dengan JR Haruka, Dana dapat mengambil kereta cepat JR dari Kansai Airport, serta turun di Stasiun Shin-Osaka. Biaya tiketnya sebesar 1.210 yen, serta memakan waktu 70 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka (yang juga dilalui kereta Shinkansen dari Tokyo serta Kyoto), kita tinggal naik kereta JR Kyoto Line sepanjang 4-5 menit dengan ongkos 160 yen.

3) Dengan kereta Nankai (warna biru tua)

Langsung, 45 menit, 1.160 yen, banyak kereta. Dari Kansai Airport, dapat naik kereta Nankai Airport Express hingga ke Stasiun Namba (45 menit, harga tiket 930 yen). Dari Namba, tinggal naik kereta subway Midosuji Line serta turun di Stasiun Subway Umeda. Lama perjalanan kisaran 8 menit dengan ongkos 230 yen.

4) Naik Bus

Di Kansai Airport ada Airport Limousine bis ke pusat kota Osaka serta berhanti di Stasiun Osaka. Lama perjalanan yaitu 60 menit dengan harga tiket 1.600 yen.

5) Naik Taksi ataupun Mobil Sewaan

Sebab jaraknya yang jauh dari Osaka (nyaris 20 km), Tim Tanogaido tidak menganjurkan naik taksi. Biaya taksi hingga ke Kyoto dapat menggapai 10.000-15.000 yen. Dapat pula dengan naik mobil sewaan yang lebih instan buat Dana yang tiba dalam rombongan ataupun keluarga besar. Ada layanan penjemputan Lapangan terbang Kansai ke Osaka / Kyoto serta kebalikannya.

Transportasi ke Kobe

1) Dengan memakai kereta JR Kansai Airport (warna silver)

Transit 1 kali, 100-110 menit, 1.740 yen (gratis dengan memakai JR Pass). Dari Kansai Airport kita dapat naik kereta JR Kansai Airport hingga Stasiun Osaka. Lama perjalanan kisaran 70 menit. Di Stasiun Osaka, kita berpindah naik kereta JR Kobe Line hingga Stasiun Kobe. Harga total tiketnya 1.740 yen serta masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass.

2) Dengan memakai kereta limited ekspress JR Haruka( warna putih biru)

Transit 2 kali, 80 menit, 2.730- 3.460 yen, ada 4 kereta per jam. Ekspedisi dari Kansai Airport ke Stasiun Shin-Osaka dengan memakai kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu kisaran 50 menit. Dari Stasiun Shin-Osaka, kita berpindah naik kereta JR Rapid for Himeji hingga Stasiun Kobe lewat Stasiun Osaka. Total ongkosnya 2.730 yen buat kursi biasa serta 3.460 yen buat kursi reservasi. Sedangkan itu, bila Dana mempunyai kartu ICOCA (khusus turis asing), Dana dapat membeli tiket dengan harga 1.700 yen.

3) Naik Bus

Di Kansai Airport ada Airport Limousine Bus ke Stasiun Sannomiya Kobe. Lama perjalanan 65 menit dengan harga tiket 2.000 yen.

Informasi Kansai Airport (Datang Malam ataupun Terbang Pagi Hari)

Salah satu catatan penting terkait Kansai Airport. Bdanara ini memanglah beroperasi 24 jam, tetapi akses / transportasi ke Osaka ataupun Kyoto di malam hari amat terbatas. Kereta terakhir ke Namba (selatan Osaka) berangkat jam 23.55 yaitu dengan kereta lokal Nankai ataupun apabila memakai kereta cepat JR jam 23.09. Sedangkan itu, kereta terakhir ke Kyoto serta Shin-Osaka berangkat jam 22.28.

Dana yang datang di Kansai dengan penerbangan pagi hari (saat sebelum 08:00) ataupun penerbangan malam (sehabis jam 23:00) cuma dapat memakai bus malam ataupun bus pagi dari / ke Stasiun Osaka yang berangkat tiap jam. Cuma bus ini salah satunya transportasi murah ke Osaka. Dapat pula naik taksi, cuma biayanya mahal sekali (20.000-25.000 yen), serta tidak kami sarankan.

Agenda bus malam yang beroperasi dari Kansai Airport

  • ke Stasiun Osaka berangkat jam 0:00, 1:00, 2:00, 3:00, 4:00 dan 5:00
  • ke Stasiun Namba berangkat jam 0:30 dan 1:30
  • ke Stasiun Kyoto berangkat jam 23:55
  • ke Stasiun Kobe berangkat jam 0:05

Agenda bus pagi yang beroperasi ke Kansai Airport

  • datang dari Stasiun Osaka jam 4:30 dan 5:30, berangkat dari Osaka Station 03.28.
  • datang dari Stasiun Namba jam 6:03
  • datang dari Stasiun Kyoto jam 5:55, berangkat dari Kyoto Station 04.30
  • datang dari Stasiun Kobe jam 5:55, berangkat dari Stasiun Kobe Sannomiya 04.50
  • datang dari Stasiun Kobe jam 6:50, berangkat dari Stasiun Kobe Sannomiya 05.45

Fasilitas di Bandara Kansai Osaka Jepang

Ada beberapa fasilitas di bandara Kansai Osaka Jepang yang akan memudahkan Anda dalam perjalanan Anda di Osaka seperti :

Terminal 1 dan Terminal 2

Bandara Kansai Osaka memiliki dua terminal penumpang yang digunakan untuk penerbangan domestik. Setiap terminal dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang tunggu, restoran, dan toko-toko.

Terminal Internasional

Terminal Internasional digunakan untuk penerbangan internasional. Fasilitas yang tersedia di terminal ini termasuk ruang tunggu, restoran, dan toko-toko bebas pajak.

Lounge

Bandara Kansai Osaka menyediakan lounge kelas bisnis untuk penumpang yang ingin bersantai sebelum penerbangan. Lounge ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti internet gratis, makanan dan minuman, dan area kerja.

Restoran

Ada berbagai macam restoran di bandara Kansai Osaka, mulai dari restoran cepat saji hingga restoran yang menyajikan makanan tradisional Jepang dan internasional.

Toko-toko

Bandara Kansai Osaka memiliki toko-toko yang menjual berbagai macam barang, seperti souvenir, kosmetik, dan elektronik. Terdapat juga toko-toko bebas pajak yang menjual barang-barang mewah.

ATM dan money changer

Terdapat mesin ATM dan money changer di seluruh bandara Kansai Osaka untuk memudahkan pengubahan mata uang dan penarikan uang tunai.

Pusat medis

Bandara Kansai Osaka memiliki pusat medis yang dilengkapi dengan dokter dan perawat yang siap memberikan pelayanan kesehatan 24 jam.

Area bermain anak

Bagi penumpang yang membawa anak-anak, bandara Kansai Osaka Jepang menyediakan area bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai mainan dan fasilitas bermain.

Itulah informasi seputar bandara Kansai Osaka Jepang yang mungkin Anda ingin ketahui. Nah, jika Anda ingin berwisata ke Jepang, hubungi kami di Tanogaido.com.

Tentang Tanogaido

Kami di Tanogaido sebagai agen travel terbaik Jepang menawarkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi Anda. Salah satu pintu masuk ke Jepang yang kami arahkan dalam menuju Jepang adalah bandara Kansai Osakan Jepang.

Paket liburan yang kami tawarkan juga terjangkau bagi semua kalangan. Meski demikian, kami tidaklah mengurangi kualitas layanan, kami mempertahankan layanan kami yang berkelas.

Anda bisa memilih jenis layanan tour Jepang bersama kami di Tanogaido. Ada beberapa paket, baik itu private tour, group tour, dan juga online tour.

Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam menjelajah. Selain paket, layanan kami juga meliputi persiapan sebelum keberangkatan Anda. Kontak admin kami di Tanogido.com untuk mengetahui lebih jauh tentang kami. ***

logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online




2 komentar

  1. Hermawan Susanto

    Halo mau tanya, saya berencana akan balik ke indonesia lewat kix, penerbangan jam 9 pagi. Apa transport yang bisa digunakan ke kix? Saya cek di web, saat ini tidak ada bus pagi untuk osaka-kix, ada kereta rapid airport yang berangkat jam 5 pagi, kemudian tiba di bandara jam 6. Apakah aman jika tiba di bandara jam 6 untuk flight jam 9? Atau mngkin lebih aman stay di bandara saja dari malamnya? Terimakasih.

    1. tanogaido

      Halo kak Hermawan Susanto…
      Cukup kok kak jika 3 jam. Kakak sudah web check-in saja untuk mempercepat atau jika takut, lebih baik kakak menginap di sekitaran Kansai Airport, ada free shuttle dari hotel bahkan untuk dini hari.

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?