6 Aturan Saat Berkunjung ke Onsen di Jepang

Peraturan Onsen di Jepang

Tanogaido Tour and Travel – Jepang adalah negara yang memiliki kekayaan dalam hal budaya onsen [pemandian air panas] dan sento [pemandian umum]. Kamu bisa menemukannya nyaris di seluruh kawasan di Jepang. Tapi, harus diketahui bahwa selalu ada etika yang wajib ditaati. Setidaknya, kamu harus mengetahui peraturan berendam di onsen Jepang untuk memperoleh pengalaman berendam air panas yang menyegarkan.

Pemandian air panas atau onsen ini ada dua jenis, yakni outdoor [luar ruangan] dan indoor [dalam ruangan]. Kemudian untuk sumber mata airnya dapat berasal air yang dipanaskan atau dari alam. Berikut adalah ulasan selengkapnya!

Beberapa Peraturan Onsen di Jepang

Sebelum kamu mencoba untuk menyegarkan diri di onsen. Alangah baiknya kamu membaca beberapa etika yang wajib kamu taati. Berikut adalah diantaranya:

1. Mandi Dulu Baru Berendam

Jika kamu sampai melewatkan hal ini, maka pelanggan lain akan merasa jijik dan kurang nyaman. Sudah disediakan ember, bangku, keran, shower, dan sabun yang dibutuhkan agar bisa mandi. Ember dapat kamu pakai mengguyur badan. Saat berendam, kamu dapat mengikat rambut.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

2. Menutupi Tato

Jika mempunyai tato, jangan sampai lupa untukk ditutupi. Pasalnya, onsen merupakan praktik tradisional khas Jepang dan hingga kini masih banyak onsen yang tak mengizinkan orang memiliki tato untuk berendam. Selain itu, kepemilikan tato di Jepang masih berkaitan erat dengan Yakuza.

Kamu dapat memakai plester atau pita supaya bisa menutupi tato tersebut. Tapi jika mempunyai tato berukuran besar, boleh jadi kamu tak diperbolehkan mandi di sana.

3. Melepas Semua Baju

Etika berendam di onsen Jepang berikutnya adalah kamu diharuskan melepas semua baju. Simpan baju beserta barang-barang di loker. Yang kamu butuhkan hanyalah handuk kecil persegi panjang. Tak perlu malu, pasalnya telanjang ketika berendam di onsen bukan hal aneh untuk masyarakat Jepang.

Menikmati Onsen Jepang
Menikmati Onsen Jepang

4. Tubuh Harus Terhidrasi

Hidrasi merupakan hal penting lantaran temperatur air di pemandian air panas ini bisa menembus 43 derajat celcius. Jangan sampai lupa juga minum the dingin dengan teratur saat berendam guna membantu detoksifikasi. O, iya! Kamu juga tak diperbolehkan mengonsumsi air onsen.

5. Rendam Seluruh Badan

Rendam semua anggota badan, namun handuk kecil tak boleh dibawa masuk sampai ke air. Kamu dapat meletakkannya diatas kepala. Handuk tersebut berfungsi menutupi sebagian tubuh supaya lebih sopan, tapi hal ini bukan kewajiban. Tidak perlu cemas jika airnya berwarna keruh atau aneh, sebab itu merupakan mineral yang terdapat di air onsen. Bahkan beberapa kawasan sangat populer karena kandungan mineral.

6. Merelaksasi Diri Setelah Berendam

Ketika ototmu masih lembut pasca berendam, berikan tubuh sedikit perhatian seperti memijatnya secara lembut. Lalu, agar bisa mencegah rambut kusut karena suhu yang tinggi kamu dapat memakai sikat bulu empuk. Nah, sikat tersebut berguna supaya leher dan kulit kepala lebih terelaksasi. Pakai alat pijat dari kayu berukuran kecil di area tubuh yang terasa sakit apabila kamu ingin menghilangkan penat di kepala.

Mungkin itu saja beberapa aturan saat berendam di onsen Jepang yang wajib kamu lakukan. Mandi di pemandian air panas dengan teratur diyakini mampu beragam manfaat untuk tubuh yang dimanjakan melalui kehangatan onsen yang khas. Jika sudah selesai, kamu bisa mengeringkan tubuh memakai handuk supaya air tak menetes. Atau mengambil handuk besar di loker lalu keringkan tubuh sebelum memakai yukata.

Bantuan Penuh Liburan di Jepang

Perlu bantuan saat ingin berliburan ke Jepang? Kamu bisa menghubungi tim Tanogaido untuk mendapatkan layanan tour guide online ke jepang. Dijamin liburan kamu di Negeri Sakura menjadi semakin seru. Terima kasih!

logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi form berikut!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Ingin Liburan ke Jepang? coba Paket Tour Jepang dari Tanogaido. Silahkan menghubungi kami melalui kontak whatsapp yang tersedia untuk info detailnya.

Tinggalkan komentar

Informasi Terbaru :

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Translate »
Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?