Arti Kata Moshi Moshi dan Cara Penggunaannya

Arti Kata Moshi Moshi dan Cara Penggunaannya

Moshi Moshi adalah sebuah kata yang sering kita dengar dalam percakapan di Jepang. Namun, apakah kita benar-benar tahu arti dari kata ini? Artikel ini akan membahas asal usul dan penggunaan Moshi Moshi dalam budaya Jepang serta artinya dalam bahasa Inggris. Selain itu, akan diberikan tips dan trik untuk berbicara dengan sopan menggunakan Moshi Moshi. Dalam konteks modern dan tradisional, Moshi Moshi memainkan peran penting dalam budaya Jepang. Oleh karena itu, penting untuk memahami penggunaannya dengan baik agar dapat berkomunikasi dengan efektif dan sopan di Jepang.

“Moshi” berasal dari kata kerja mousu 申す, yang mana termasuk dalam bentuk keigo (sopan) dari  “mengatakan” (iu 言う). Pada Zaman Edo, kata Moshi ini dugunakan ketika berbicara kepada seseorang yang mempunyai status lebih tinggi. Awalnya, kata yang digunakan yaitu moushiagemasu 申し上げます, moushimasu 申します dan juga mousu 申す.

Kata-kata tersebut artinya sama, yaitu “Aku akan berkata/berbicara.” kata ini juga sering kali disingkat menjadi “moushi” (申し) dan juga digunakan untuk menarik perhatian orang lain, seperti halnya mengatakan “hey!”

Penggunaan Moshi Moshi dalam Budaya Jepang

Moshi Moshi tidak hanya digunakan sebagai sapaan dalam percakapan telepon, tetapi juga dalam konteks sosial lainnya. Misalnya, Moshi Moshi sering digunakan sebagai sapaan ketika seseorang datang ke rumah teman atau keluarga.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Selain itu, Moshi Moshi juga sering digunakan sebagai ungkapan salam dalam email atau pesan teks. Dalam kehidupan sehari-hari di Jepang, Moshi Moshi merupakan ungkapan sopan yang menunjukkan rasa hormat dan keakraban dengan lawan bicara. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya etika dalam budaya Jepang, terutama dalam percakapan formal dan informal.

Contoh penggunaan kata :

もし もし、 だいじょうぶ です か?

Moshi moshi, daijōbudesu ka?

Artinya : Apakah baik-baik saja

Arti Moshi Moshi dalam Bahasa Inggris

Secara harfiah, Moshi Moshi tidak memiliki arti khusus dalam bahasa Inggris. Namun, dalam konteks penggunaannya sebagai sapaan, Moshi Moshi bisa diterjemahkan sebagai “halo” atau “ya” dalam bahasa Inggris. Hal ini mirip dengan penggunaan sapaan “hello” dalam bahasa Inggris ketika menjawab telepon. Di luar konteks telepon, Moshi Moshi mungkin tidak memiliki arti yang jelas dalam bahasa Inggris, tetapi tetap menjadi salah satu ungkapan yang terkenal dari budaya Jepang.

Cara Berbicara dengan Sopan Menggunakan Moshi Moshi

Moshi Moshi merupakan ungkapan yang memiliki nilai sopan dan hormat dalam budaya Jepang. Oleh karena itu, saat menggunakan Moshi Moshi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat berbicara dengan sopan.

  • Pertama, gunakan Moshi Moshi sebagai sapaan awal ketika menjawab telepon atau bertemu seseorang secara langsung.
  • Kedua, gunakan ekspresi wajah yang sopan dan ramah saat mengucapkan Moshi Moshi.
  • Ketiga, hindari mengucapkan Moshi Moshi dengan nada yang terlalu keras atau terlalu pelan, sesuaikan dengan situasi dan lawan bicara.
  • Keempat, gunakan Moshi Moshi bersamaan dengan sapaan kehormatan seperti “-san” atau “-sama” ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau dalam situasi formal.

Dengan cara tersebut, kita dapat menunjukkan rasa hormat dan sopan santun dalam berbicara dengan orang lain menggunakan Moshi Moshi.

Penggunaan Moshi Moshi dalam Konteks Modern dan Tradisional

Meskipun Moshi Moshi dianggap sebagai ungkapan tradisional dari budaya Jepang, penggunaannya tidak hanya terbatas pada konteks tradisional saja. Saat ini, Moshi Moshi masih sering digunakan sebagai sapaan dalam percakapan telepon, terutama di Jepang.

Namun, penggunaannya juga telah meluas ke dalam budaya populer, seperti manga, anime, dan drama televisi. Selain itu, Moshi Moshi juga sering digunakan dalam konteks modern seperti di media sosial dan aplikasi pesan instan.

Dalam budaya Jepang, Moshi Moshi juga digunakan dalam berbagai acara dan upacara tradisional, seperti upacara minum teh dan festival-festival. Bahkan, ada beberapa restoran dan kafe di Jepang yang mengambil nama dari Moshi Moshi, sebagai simbol kesopanan dan keramahan dalam pelayanan. Dengan demikian, Moshi Moshi tetap menjadi bagian penting dari budaya Jepang baik dalam konteks tradisional maupun modern.

Kesimpulan

Dalam budaya Jepang, Moshi Moshi adalah ungkapan yang sering digunakan sebagai sapaan saat berbicara di telepon atau dalam percakapan langsung. Awalnya, Moshi Moshi hanya digunakan sebagai cara untuk memastikan apakah sambungan telepon sudah tersambung dengan baik atau tidak. Namun, seiring waktu, penggunaannya berkembang menjadi simbol kesopanan dan keramahan dalam berkomunikasi.

Selain itu, Moshi Moshi juga telah meluas penggunaannya ke dalam konteks modern dan budaya populer, seperti manga, anime, dan drama televisi. Meskipun demikian, penggunaannya dalam konteks tradisional seperti upacara dan festival juga masih dipertahankan hingga saat ini.

Dalam konteks modern, Moshi Moshi juga sering digunakan dalam media sosial dan aplikasi pesan instan. Oleh karena itu, Moshi Moshi tetap menjadi bagian penting dari budaya Jepang dan menjadi simbol keramahan dan kesopanan dalam berkomunikasi.

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)