Belajar Bahasa Jepang Dari Dasar Untuk Pemula

belajar bahasa jepang tingkat dasar untuk pemula

Sama seperti belajar bahasa lain, dalam mempelajari bahasa Jepang bagi seorang pemula juga dapat memulai dari tingkatan paling bawah atau tingkat dasar. Pelajaran dasar bagi pemula yang ingin belajar bahasa Jepang dimaksudkan untuk pembiasaan diri dalam berbicara, mendengar, membaca serta menulis.

Ada beberapa cara bagi pemula untuk memulai belajar bahasa Jepang dari dasar, seperti mencoba menghafal beberapa kosa kata bahasa Jepang kalimat kegiatan sehari – hari yang mudah misal kata sapaan dalam bahasa jepang, menonton anime, ataupun mendengarkan musik.

Belajar Bahasa Jepang Tingkat Dasar

Untuk memulai belajar bahasa Jepang, sebaiknya tahapan awal adalah dengan mengenal dan menghafal huruf Jepang. Jepang memiliki 3 huruf yang digunakan, yaitu hiragana, katana dan kanji. Dalam tahap dasar, sebaiknya dapat mencoba perlahan untuk menghafal huruf tersebut.

Huruf Hiragana

Huruf dasar dalam bahasa Jepang adalah Hiragana, bagi pemula yang baru belajar bahasa Jepang wajib mempelajari huruf hiragana ini.

Beberapa contoh dari huruf hiragana dapat dilihat melalui table berikut :

tabel huruf hiragana jepang
Tabel huruf hiragana jepang. (Sumber : Google Image)

Katana

Huruf katana merupakan huruf pendukung yang umumnya digunakan untuk menulis istilah yang dianggap asing dan telah diserap ke dalam bahasa Jepang. Adapun contoh dari penggunaan katana yaitu:

  1. ベッド (beddo) = tempat tidur
  2. メール (Meru) = e-mail
  3. テレビ (terebi) = TV

Untuk table huruf katana, dapat anda lihat dibawah ini :

tabel huruf katana jepang
Tabel Huruf Katana Jepang. (Sumber : Google Image)

Huruf Kanji

Kanji termasuk dalam huruf dasar dan juga pertama yang dibuat oleh bangsa cina. Kanji Cina dan Huruf Kanji Jepang jika dilihat sama persis, tidak ada bedanya. Namun demikian, huruf kanji yang hingga kini di gunakan cina merupakan kanji yang sudah dimodifikasi untuk memudahkan pembelajaran.

Lain halnya dengan huruf kanji Jepang, bahkan sampai era modern saat ini, Jepang masih membudayakan kanji sesuai dengan bentuk aslinya. Untuk cara membaca kanji Jepang berbeda – beda antara satu kata kanji dengan kata lainnya, semua itu tergantung dari kebutuhan penggunaan kalimat.

Dalam membaca huruf kanji Jepang, perlu diketahuai ada 2 aturan yang disebut Kunyomi dan juga Onyomi, yang mana kedua jenis tersebut dibedakan dari cara membaca asal negaranya.

Huruf kunyomi merupakan cara membaca yang biasa digunakan oleh bangsa Jepang sedangkan untuk bangsa Cina menyebutnya Onyomi.

Secara umum, kunyomi ditujukan untuk kata kerja sementara itu onyomi untuk kata kombinasi. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini contoh huruf kanji Jepang.

tabel huruf kanji jepang
Huruf Kanji Jepang. (Sumber : www.shutterstock.com)

Setelah anda sudah mengetahui dan juga menghafal beberapa jenis huruf Jepang. Langkah selanjutnya untuk pemula dalam mempelajari bahasa Jepang tingkat dasar yaitu mulai untuk menghafal kosakata maupun tata bahasa Jepang. Anda dapat membuat target, misalkan dalam sehari cukup menghafal 5 atau 10 kosakata.

Dan juga perlu diingat bahwa dalam mempelajari bahasa Jepang, sebaiknya anda mempunyai lawan bicara atau partner dalam melakukan percakapan ringan dengan menggunakan bahasa Jepang. Hal ini untuk mengasah kemampuan lisan anda dalam berbicara menggunakan bahasa Jepang.

Ada banyak metode yang bisa digunakan, seperti aktif mengikuti sosial media yang membahas tentang belajar bahasa jepang ataupun aktif mengikuti forum belajar bahasa jepang agar anda bisa melakukan Tanya jawab jika menemui kendala dalam belajar bahasa Jepang dari dasar.

Demikianlah tulisan tentang belaja bahasa jepang tingkat dasar yang cocok untuk anda pemula dalam mempraktikannya. Semoga bermanfaat.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?