Contoh Dan Penggunaan Partikel Bahasa Jepang Dasar

Contoh Dan Penggunaan Partikel Bahasa Jepang Dasar

Belajar bahasa jepang perlu mengenal dalam pemakaian partikel bahasa jepang. Belajar partikel bahasa jepang dasar harus kamu pahami karena partikel ini sama halnya dengan kata bantu suatu kalimat.

Tanpa pemakaian partikel bahasa jepang maka susunan suatu kalimat tidak dapat berdiri dengan sempurna. Belajar partikel bahasa jepang berguna untuk menentukan struktur suatu kalimat agar sempurna.

Nah, kali ini untuk belajar partikel bahasa jepang mulailah untuk belajar secara perlahan. Dalam artikel kali ini akan membahas penggunaan dalam belajar partikel bahasa jepang dasar beserta contoh penggunaannya. Agar dapat mengerti mari simak berikut ini.

Pemakaian partikel bahasa jepang

Partikel “wa”

Belajar partikel bahasa jepang dasar  yang harus diketahui yang pertama yaitu partikel wa. Partikel wa ini digunakan untuk menunjukkan topik atau subjek yang di bicarakan suatu kalimat. Contoh penggunaan partikel wa seperti:

  • Watashi wa sensei desu artinya saya adalah guru
  • Kono eiga wa omoshiroi desu artinya film itu menarik

Partikel “ mo”

Partikel yang digunakan dalam mengekspresikan kata “juga”, jika di artikan dalam bahasa indonesia. Contoh dalam penggunan partikel “mo” yaitu :

  • Watashi mo nihonjin desu artinya saya juga orang jepang.
  • Watashi wa toukyou nimo ikimasu artinya saya juga akan pergi ke tokyo.

Partikel “ ka”

Belajar partikel bahasa jepang yang dapat digunakan yaitu partikel ‘ka’. Secara umum partikel ini digunakan pada akhiran kalimat dalam pertanyaan seperti kata ‘kah?’ atau ‘apakah?’. Contoh dalam penggunaan partikel ka

  • Anata wa sensei desu ka? Artinya apakah anda seorang guru?
  • Ano eiga wa omoshiroi desu ka?  Artinya apakah film ini menarik?

Partikel “ga”

Partikel ga digunakan dalam menunjukkan suatu subjek dari kalimat apabila subjek tersebut merupakan informasi baru bagi komunikasi atau digunakan sebagai penekanan atas subjek pada kalimat. Dalam belajar partikel bahasa jepang dengan menggunakan partikel ga ini ada beberapa contoh penggunaannya

  • Contoh partikel ga dalam penggunaan untuk mengenalkan subjek baru “tatemono ga arimasu artinya ada gedung.
  • Contoh penggunaan dalam penekanan atas subjek suatu kalimat “kono kata ga sensei desu artinya orang yang disana lah gurunya.

Partikel “o”

Partikel o ini digunakan sebagai penghubung antara objek dan kata kerja. Dalam belajar partikel bahasa jepang dengan menggunakan partikel o contoh penggunaannya yaitu:

  • Watashi wa gohan o tabemasu artinya saya memakan nasi.

Partikel “ni”

Partikel ni digunakan saat mengindikasikan lokasi tujuan atau posisi tempat perpindahan antara pelaku maupun benda. Contoh dalam belajar partikel bahasa jepang dengan menggunakan partikel ni yaitu.

  • Watashi wa tomodachi ni meeru o okurimasu artinya saya mengirim email ke teman saya.

Partikel “no”

Partikel no ini dipakai saat mengekspresikan kepunyaan atau kalimat dengan menghubungkan antara dua kata benda. Contoh penggunaannya yaitu :

  • Watashi no tomodachi no han desu artinya ini adalah buku teman saya.

Partikel “e”

Belajar partikel bahasa jepang e dapat diartikan sebagai kata “ke”. contohnya watashi wa rainen nihon e ikimasu artinya saya akan pergi ke jepang  tahun depan.

Partikel ‘DE”

Belajar partikel bahasa jepang menggunakan partikel de secara umum dapat diartikan ‘dengan, di sebab’. Contohnya yaitu:

  • Watashi wa jimushitsu de hatarakimasu artinya saya bekerja di kantor
  • Watashi wa densha de kaerimasu artinya saya pulang dengan kereta
  • Kono tatemono wa zaimoku de dekite imasu artinya gedung ini terbuat dari kayu

Partikel “kara”

Partikel kara digunakan untuk menanyakan suatu waktu dan tempat. Contohnya

  • Kaigi wa juuji kara desu artinya rapat dimulai pukul 10.

Itulah belajar partikel bahasa jepang dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu agar dalam pembuatan kalimat bahasa jepang dapat tersusun secara baik. Untuk belajar bahasa jepang dengan cepat dan mudah cobalah menggunakan jasa kursus bahasa jepang online di tanogaido. Mari mahir dalam bahasa jepang bersama tanogaido.com

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?