Panduan Wisata Lengkap Di Shinjuku Gyoen

Taman Shinjuku Gyoen

Shinjuku Gyoen (新宿御苑) adalah salah satu taman terbesar dan paling indah di Tokyo, Jepang. Taman ini memiliki luas sekitar 144 hektar dan terletak di kawasan Shinjuku. Taman Shinjuku menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan berbagai jenis taman yang berbeda, termasuk taman bergaya Jepang dan taman bergaya Barat.

Banyak dari para pelanggan tour Jepang kami yang penasaran dengan destinasi wisata ini, maka dari itu, yuk simak artikel berikut yang membahas aktivitas seru, akses, tips dan juga informasi penting lainnya terkait taman ini.

Taman Shinjuku Gyoen (Shinjuku Gyoen National Garden) awalnya dibangun sebagai taman istana milik keluarga Kuroda pada tahun 1770. Setelah Jepang menjadi negara kekaisaran pada tahun 1868, taman ini menjadi taman milik Kekaisaran Jepang dan dibuka untuk umum pada tahun 1949 setelah mengalami kerusakan akibat Perang Dunia II.

Saat ini, taman Jepang ini dikelola oleh kota Tokyo dan menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di kawasan tersebut.

Keindahan Alam di Shinjuku Gyoen

Taman seluas 58,3 hektar ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan sepanjang tahun. Pada musim semi, pengunjung dapat menikmati keindahan ribuan pohon sakura yang mekar dengan warna-warni bunga yang memukau. Sakura adalah simbol musim semi di Jepang, dan Shinjuku Gyoen adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan bunga sakura ini. Selain itu, taman ini juga memiliki berbagai jenis pohon dan tumbuhan lainnya yang menampilkan keindahan alam yang beragam sepanjang tahun.

Shinjuku Gyoen Park
Shinjuku Gyoen Park

Aktivitas Menarik Saat Berada di Shinjuku Gyoen National Garden

1. Piknik

Taman Shinjuku merupakan tempat yang sempurna untuk piknik dengan keluarga atau teman-teman. Pengunjung dapat membawa tikar piknik dan makanan sendiri atau membeli makanan dan minuman di toko-toko kecil yang ada di dalam taman. Di sini juga terdapat area khusus untuk piknik, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana alam yang indah sembari bersantai.

2. Berjalan-jalan

Taman Shinjuku Gyoen menawarkan pemandangan yang indah dan sangat cocok untuk berjalan-jalan atau berlari. Terdapat jalur yang teratur di sekitar taman, sehingga pengunjung dapat menjelajahi taman dengan mudah dan aman. Selain itu, pengunjung juga dapat berjalan-jalan di sekitar danau atau mengikuti jalur bersejarah yang menunjukkan sejarah taman dan bangunan-bangunan yang ada di dalamnya.

Shinjuku Gyoen National Garden
Shinjuku Gyoen National Garden

3. Mengunjungi Museum Taman

Taman Shinjuku Gyoen memiliki museum yang menampilkan berbagai koleksi seperti lukisan, patung, dan benda-benda seni lainnya. Pengunjung dapat melihat koleksi yang dipamerkan di dalam museum dan menambah pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Jepang. Museum taman juga menampilkan benda-benda seni dari berbagai negara seperti Prancis, Italia, dan China.

Informasi Shinjuku Gyoen National Garden Buat Wisatawan

1. Jadwal dan Harga

Taman Shinjuku Gyoen buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 4.30 sore kecuali pada hari Senin dan pada hari libur Tahun Baru. Biaya masuk adalah 500 yen untuk dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Namun, pada musim sakura, biaya masuk akan sedikit lebih mahal. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa jadwal dan harga tiket terbaru sebelum berkunjung.

2. Pakailah Pakaian yang Nyaman

Ketika berkunjung ke Taman Shinjuku Gyoen, pastikan untuk memakai pakaian yang nyaman dan sesuai dengan musim. Di musim panas, disarankan untuk memakai pakaian yang tipis dan berbahan ringan agar tetap nyaman saat berjalan-jalan. Di musim dingin, pastikan untuk memakai pakaian hangat dan tebal serta membawa payung jika turun hujan.

Shinjuku Gyoen National Garden
Shinjuku Gyoen National Garden

3. Bawa Makanan dan Minuman Sendiri

Meskipun terdapat toko kecil di dalam taman yang menjual makanan dan minuman, namun harganya cukup mahal. Oleh karena itu, lebih baik membawa makanan dan minuman sendiri. Di dalam taman terdapat beberapa area yang disediakan khusus untuk piknik, sehingga pengunjung dapat makan dan minum dengan tenang.

4. Jangan Membawa Barang Terlarang

Taman Shinjuku Gyoen adalah taman yang indah dan bersih, oleh karena itu pengunjung diharapkan tidak membawa atau membuang sampah sembarangan di dalam taman. Selain itu, pengunjung juga tidak diperbolehkan membawa barang-barang seperti minuman keras, rokok, dan petasan di dalam taman.

5. Jangan Lupa Kamera

Taman Shinjuku Gyoen menawarkan pemandangan yang sangat indah dan spektakuler, oleh karena itu jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen yang tak terlupakan selama berada di dalam taman. Terdapat banyak tempat yang cocok untuk berfoto, seperti taman bunga, danau, dan taman bergaya Jepang.

Akses Menuju ke Shinjuku Gyoen National Garden

Taman Shinjuku Gyoen dapat dengan gampang diakses dari Stasiun Shinjuku pintu keluar selatan. Sehabis keluar, belok kiri kemudian terus jalan menjajaki jalan besar. Sehabis berjalan lurus kira-kira 10 menit, kita bisa mencapai Taman Shinjuku Gyoen di sebelah kanan jalan. Kita bisa masuk ke dalam taman dengan membeli tiket masuk 500 Yen buat dewasa serta 250 Yen buat anak SMP serta SMA, dan gratis buat anak SD ke bawah.

Taman ini buka dari jam 09.00 sampai 16.30. Tutup di hari Senin kecuali saat musim bunga sakura yang bertepatan pada 25 Maret sampai 24 April serta musim bunga krisan dari tanggal 1 hingga 15 November.

1. Pintu masuk utama Shinjuku-mon

Dari JR Line, Keio Line, Odakyu Line, keluar dari Stasiun Shinjuku melalui pintu keluar selatan ataupun South Gate serta berjalan terus melalui jalan besar Koshu Kaido, taman terdapat di sisi sebelah kanan.

Dari Seibu Shinjuku Line, turun di Stasiun Seibu Shinjuku, belok kiri serta berjalan terus mengarah jalan besar.

2. Pintu masuk Sendagaya-mon

Dari Jr Sobu Line, turun di Stasiun Sendagaya serta berjalan terus mengarah pintu masuk Sendagaya-mon.

Punya pertanyaan seputar wisata Jepang? Jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar yang tersedia yah!

2 komentar

  1. Avatar
    Rijal

    Emang keren nih tamannya! Rekomended banget apalagi buat selfi…

  2. Avatar
    Mirnawati

    Tempat wisata taman di Tokyo memang banyak, tapi kalau menurut saya Shinjuku Gyoen harus jadi yang pertama untuk dikunjungi.

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)