5 Destinasi Wisata Budaya Jepang yang Menakjubkan

Wisata Budaya Jepang

Jepang adalah negara yang kaya akan warisan budayanya. Ada banyak tempat wisata budaya di Jepang yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari kuil dan istana bersejarah, festival tradisional, hingga taman-taman yang indah.

Salah satu tempat wisata budaya di Jepang yang terkenal di Jepang adalah Kuil Sensoji di Tokyo. Kuil ini adalah kuil Buddha tertua di kota Tokyo dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi.

Wisatawan dapat menikmati arsitektur tradisional Jepang dan berbelanja di kawasan sekitar kuil yang terkenal dengan jajanan tradisional Jepang.

Wisata Budaya Jepang yang Populer

Selain yang terkenal di atas, kami juga akan merekomendasikan 5 destinasi wisata Budaya Jepang yang lainnya seperti :

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

1. Festival Gion

Wisata budaya Jepang ini adalah salah satu festival terbesar di Jepang yang diadakan setiap tahun di kota Kyoto. Festival ini dilaksanakan selama bulan Juli dan diadakan untuk memperingati Dewa Gunung, yaitu Yasaka, yang dipercaya dapat melindungi kota Kyoto dari bencana dan wabah.

Wisata budaya Jepang ini diisi dengan parade dan pertunjukan, termasuk penampilan para penari tradisional dan pemain musik. Selain itu, terdapat juga berbagai stan makanan dan keranjang belanja yang menjual barang-barang unik dan suvenir.

Salah satu acara puncak dari Festival Gion adalah Yamaboko Junko, yaitu parade yang melibatkan ratusan kereta kuda dan penari tradisional yang mengelilingi kota Kyoto. Para penari tradisional mengenakan pakaian tradisional Jepang dan menarikan tarian khas mereka di atas kereta yang dihias dengan dekorasi yang indah.

Budaya Jepang ini merupakan acara yang sangat penting bagi masyarakat Kyoto dan Jepang pada umumnya. Acara ini menunjukkan kekayaan budaya dan sejarah Jepang, serta menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk menyaksikan keindahan festival yang luar biasa ini.

2. Festival Hanami

Wisata budaya Jepang ini adalah sebuah tradisi yang berasal dari Jepang, di mana orang-orang berkumpul untuk menikmati keindahan bunga sakura yang mekar di musim semi. “Hanami” sendiri artinya “melihat bunga”, dan biasanya dilakukan pada bulan Maret hingga Mei, tergantung pada waktu mekarnya bunga sakura.

Selama Festival Hanami, orang-orang biasanya berkumpul di taman atau area terbuka lainnya di bawah pohon-pohon sakura yang sedang mekar. Mereka membawa makanan dan minuman, dan menikmati pemandangan bunga sakura yang indah sambil bersantai dan bersosialisasi dengan teman dan keluarga.

3. Menginap di Ryokan

Ryokan adalah penginapan tradisional Jepang yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan autentik. Biasanya, kamar-kamarnya memiliki tatami (lantai anyaman jerami) dan futon (kasur tipis), serta dekorasi yang khas Jepang.

Dengan menikmati wisata budaya Jepang ini, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, seperti onsen (mandi air panas), yukata (pakaian tradisional Jepang), dan makanan tradisional Jepang yang lezat. Beberapa ryokan bahkan menawarkan layanan pemandian air panas di dalam kamar, sehingga para tamu dapat menikmati mandi air panas dengan lebih privat.

Selain itu, para tamu juga dapat menikmati pemandangan yang indah dari ryokan, seperti taman Jepang yang indah atau pemandangan pegunungan dan laut yang menakjubkan.

Beberapa tempat menginap di Jepang, ryokan juga menawarkan kegiatan budaya Jepang seperti belajar teh ceremohy (adat minum teh), berjalan-jalan di sekitar daerah wisata, dan mengikuti kegiatan budaya Jepang lainnya.

4. Edo Wonderland

Wisata budaya Jepang ini adalah sebuah taman bermain yang terletak di Nikko, Jepang, yang menghadirkan pengalaman zaman Edo di Jepang. Di Edo Wonderland, pengunjung dapat melihat atraksi budaya Jepang seperti pertunjukan samurai, panggung kabuki, dan kegiatan tradisional seperti membuat origami dan mencetak uang kertas.

Selain itu, pengunjung dapat mengenakan pakaian tradisional Jepang seperti kimono dan menyewa kostum samurai untuk merasakan pengalaman yang lebih menyeluruh. Selama musim panas, taman ini juga mengadakan acara kembang api dan pertunjukan outdoor.

Secara keseluruhan, Edo Wonderland menawarkan pengalaman yang unik dan menyenangkan bagi pengunjung yang ingin mengeksplorasi dan menikmati budaya Jepang zaman Edo.

5. Sumo

Nonton pertandingan sumo adalah salah satu pengalaman wisata budaya Jepang yang paling menarik. Sumo merupakan olahraga nasional Jepang yang sangat dihormati dan dianggap sebagai bagian dari warisan budaya negara tersebut.

Pertandingan sumo diadakan di sebuah arena yang disebut sebagai “dohyo”. Sebelum pertandingan dimulai, para pegulat sumo melakukan ritual khusus yang disebut “shiko”, di mana mereka menendang dan mengangkat kaki mereka secara bergantian untuk mempersiapkan diri untuk pertandingan.

Selama pertandingan, para pegulat saling beradu kekuatan dan mencoba untuk mendorong lawan mereka keluar dari lingkaran dohyo. Pemenangnya adalah pegulat yang dapat memenangkan pertandingan dengan memaksa lawannya keluar dari lingkaran atau membuatnya jatuh ke tanah.

Pertandingan sumo diadakan beberapa kali dalam setahun, dengan waktu paling populer adalah selama turnamen besar yang diadakan di Tokyo pada bulan Januari, Mei, dan September. Selama turnamen, suasana sangat ramai dan menyenangkan dengan penggemar sumo yang mengenakan kostum tradisional Jepang dan mendukung pegulat favorit mereka.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk menonton pertandingan sumo, tiket dapat dibeli di arena atau melalui agen perjalanan. Namun, karena popularitas pertandingan sumo yang tinggi, disarankan untuk memesan tiket sebelumnya untuk memastikan ketersediaannya.

Itulah beberapa rekomendasi wisata budaya Jepang yang sangat menarik. Anda dapat menikmati sebuah perhelatan sampai bisa merakasan langsung budaya Jepang itu sendiri.

Jika Anda tertarik untuk menikmati wisata budaya Jepang, Anda bia menggunakan jasa tour budaya Jepang kami di Tanogaido. Jadikan liburan Anda menarik dengan mengenal lebih dalam budaya Jepang. ***

Punya Pertanyaan?

Butuh bantuan liburan di Jepang?

Kami menyediakan berbagai layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)