Beberapa Pakaian Tradisional Jepang Seperti Kimono

Pakaian Tradisional Jepang Seperti Kimono

Liburan ke Jepang – Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki budaya yang kaya, termasuk dalam hal pakaian tradisional. Salah satu pakaian tradisional yang terkenal dari Jepang adalah kimono. Namun, selain kimono, ada juga beberapa jenis pakaian tradisional lainnya yang sering dikenakan oleh orang Jepang. Artikel ini akan membahas beberapa pakaian tradisional Jepang seperti kimono.

Pakaian tradisional Jepang dikenal dengan sebutan “wafuku”. Pakaian ini memiliki ciri khas tersendiri, baik dalam hal desain, bahan, maupun cara memakainya. Meskipun pada zaman modern ini pakaian barat lebih umum dipakai di Jepang, namun pakaian tradisional Jepang masih sering digunakan dalam upacara adat, acara pernikahan, festival, atau acara formal lainnya.

Kimono

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia. Kimono memiliki desain yang sederhana, dengan bahan yang umumnya terbuat dari sutra, wol, atau katun. Kimono memiliki lengan panjang dan panjang rok hingga pergelangan kaki, serta diikat dengan obi yang besar di pinggang.

Jenis-jenis Kimono

Terdapat beberapa jenis kimono yang umum dipakai di Jepang, antara lain:

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

  • Furisode: kimono dengan lengan panjang yang biasa dipakai oleh wanita muda pada acara-acara formal.
  • Komon: kimono dengan pola-pola kecil dan repetitif yang sering dipakai oleh wanita pada saat musim semi dan musim gugur.
  • Houmongi: kimono dengan pola yang lebih besar dibandingkan komon, sering dipakai pada acara formal seperti pernikahan.
  • Iromuji: kimono dengan warna solid yang dipakai oleh tamu pada acara pernikahan atau upacara teh.
  • Yukata: kimono yang terbuat dari bahan katun dan digunakan pada saat musim panas atau festival.

Hakama

Hakama adalah celana panjang tradisional Jepang yang dikenakan oleh pria dan wanita. Hakama terbuat dari bahan yang mirip dengan kimono, dan umumnya dipakai pada saat acara formal atau upacara adat.

Jenis-jenis Hakama

Terdapat beberapa jenis hakama yang umum dipakai di Jepang, antara lain:

  • Umanori hakama: hakama dengan model kuda-kudaan yang biasa dipakai oleh samurai pada zaman dulu.
  • Andon hakama: hakama dengan desain yang lebih modern, umum dipakai pada acara formal.
  • Eboshi hakama: hakama dengan model yang lebih longgar, sering dipakai oleh para pelajar dan pegawai kantor.

Happi Coat

Happi coat adalah pakaian tradisional Jepang yang sering dikenakan oleh orang pada saat festival atau acara olahraga. Happi coat memiliki desain yang sederhana, dengan lengan pendek dan bahan yang umumnya terbuat dari katun.

Jinbei

Jinbei adalah pakaian tradisional Jepang yang terdiri dari celana pendek dan atasan dengan lengan pendek. Jinbei terbuat dari bahan yang ringan dan sering digunakan oleh orang-orang di Jepang saat musim panas. Pakaian ini dapat dikenakan sebagai pakaian sehari-hari, namun juga cocok digunakan sebagai pakaian tidur.

Yukata

Yukata adalah kimono yang terbuat dari bahan katun ringan dan sering dipakai pada saat musim panas atau festival. Yukata memiliki desain yang lebih sederhana dibandingkan dengan kimono, namun tetap terlihat elegan. Yukata biasanya dikenakan oleh wanita maupun pria dengan menggunakan sandal tradisional Jepang, yaitu geta.

Furisode

Furisode adalah kimono dengan lengan panjang yang biasanya dipakai oleh wanita muda pada acara-acara formal seperti upacara kelulusan sekolah atau pernikahan. Furisode memiliki pola yang cantik dan berwarna-warni, serta diikat dengan obi yang besar dan indah di pinggang. Furisode adalah salah satu jenis kimono yang paling mahal di Jepang.

Uchikake

Uchikake adalah jenis kimono yang sering dipakai oleh pengantin wanita pada saat pernikahan. Uchikake memiliki desain yang sangat elegan dan berat, terbuat dari bahan sutra atau brokat dengan hiasan bordir yang indah. Uchikake biasanya dikenakan di atas kimono lainnya, dan diikat dengan obi yang besar dan indah di pinggang.

Hanten

Hanten adalah jaket tradisional Jepang yang umumnya digunakan oleh pria dan wanita pada saat musim dingin. Hanten terbuat dari bahan yang tebal dan hangat, dengan desain yang cantik dan pola-pola yang beragam. Hanten dapat dikenakan sebagai pakaian sehari-hari, namun juga cocok digunakan sebagai pakaian tidur.

Shiro-muku

Shiro-muku adalah jenis kimono yang dipakai oleh pengantin wanita pada saat pernikahan tradisional Jepang. Shiro-muku memiliki warna putih polos yang melambangkan kesucian dan kesederhanaan. Shiro-muku terbuat dari bahan sutra yang sangat berkualitas dan diikat dengan obi yang besar dan indah di pinggang.

Kanzashi

Kanzashi adalah aksesori rambut tradisional Jepang yang terbuat dari bahan yang beragam seperti kain, kayu, atau logam. Kanzashi dipakai oleh wanita sebagai hiasan rambut pada saat mengenakan kimono atau yukata. Kanzashi memiliki berbagai macam bentuk dan desain yang indah, serta sering dihiasi dengan bunga atau burung-burung kecil.

Kesimpulan

Pakaian tradisional Jepang seperti kimono merupakan bagian penting dari budaya Jepang. Meskipun pada zaman modern ini pakaian barat lebih umum dipakai di Jepang, namun pakaian tradisional Jepang masih sering digunakan dalam upacara adat, acara pernikahan, festival, atau acara formal lainnya.

Selain kimono, terdapat juga beberapa pakaian tradisional Jepang lainnya seperti jinbei, yukata, furisode, uchikake, hanten, shiro-muku, dan kanzashi. Masing-masing pakaian memiliki desain yang berbeda dan umumnya digunakan pada acara atau situasi yang berbeda pula.

Secara keseluruhan, pakaian tradisional Jepang memiliki desain yang indah dan khas, serta memiliki makna simbolis yang dalam. Meskipun sekarang

logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi form berikut!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.

Ingin Liburan ke Jepang? coba Paket Tour Jepang dari Tanogaido. Silahkan menghubungi kami melalui kontak whatsapp yang tersedia untuk info detailnya.




Tinggalkan komentar

Informasi Terkait :
Informasi Terbaru :

Layanan Jasa Tanogaido

Tanogaido adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Translate »
Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?