Tanya Jawab Japan Rail Pass

Tanya Jawab Japan Rail Pass

Sistem kereta di Jepang memanglah sangat luas, buat berangkat ke satu wilayah kita musti mempersiapkan bayaran lumayan serta mengenali tipe kereta / arah tujuan kereta yang mau dinaiki. Salah – salah kita dapat nyasar ke tempat lain serta malah membuat liburan di Jepang jadi tidak berarti.

Buat menjauhi kerepotan dalam memilah tiket, banyak orang Indonesia yang memilah Japan Rail Pass (JR Pass) selaku tiket tunggal liburan ke Jepang. Tiket ini memanglah instan serta komplit, sangat sesuai untuk sahabat yang liburan di Jepang sepanjang seminggu lebih. Dengan sedikit perhitungan serta perencanaan, kita bisa mendatangi sebagian kota populer di Jepang serta mengoptimalkan guna JR Pass.

Japan Rail Pass (JR Pass) atau tiket terusan kereta adalah metode sangat murah buat menjelajahi Jepang dengan naik kereta, spesialnya bila mau ke kota – kota tidak hanya Tokyo. Dengan tiket JR Pass, turis asing mampu bepergian ke kota manapun secara gratis. Berikut ini Tim Tanogaido telah merangkum seluruh persoalan serta jawaban( FAQ) yang seing ditanyakan oleh para pembaca menimpa JR Pass.

Apa itu tiket Japan Rail Pass (JR Pass)?

Japan Rail Pass (JR Pass) ataupun tiket terusan kereta adalah metode sangat murah buat keliling Jepang dengan naik kereta, spesialnya bila mau ke kota- kota tidak hanya Tokyo. Japan Rail Pass cuma dapat dibeli serta dipergunakan oleh turis / wisatawan asing, dengan status kunjungan ataupun visa berbentuk kunjungan sedangkan (temporary visit).

Dengan jalan kereta yang mencakup 4 pulau utama di Jepang, semacam Honshu, Hokkaido, Shikoku, serta Kyushu, kita dapat bepergian ke segala Jepang gratis serta tidak butuh ribet lagi membeli tiket kereta tiap kali bepergian. Gak terbayang kan tiap kali berangkat, ngantri lagi, ngantri lagi. Tidak hanya menghabiskan waktu, pula tenaga.

JR Pass berlaku satu, 2, ataupun 3 pekan tergantung pada jenis tiket yang kita beli. JR Pass sendiri dipecah jadi 2 jenis, jenis biasa (ordinary) serta yang premium( green). Perbedaannya merupakan jenis tiket premium sediakan sofa lebih luas. Harga tiket JR Pass 7 hari yang sangat kerap dibeli oleh turis Indonesia merupakan berusia 29. 650 yen, serta buat anak 14. 820 yen.

Dimana Saja JR Pass Dapat Digunakan?

Dengan tiket JR Pass, sahabat dapat gratis naik:

  • Segala kereta yang dioperasikan oleh Japan Railways (JR) : Tercantum shinkansen, kereta limited ekspress, kereta express, kereta cepat, serta kereta lokal yang dioperasikan oleh Japan Railway (JR).
  • Kereta Tokyo Monorel dari ataupun ke Lapangan terbang Haneda
  • Kereta Narita Express dari ataupun ke Lapangan terbang Narita
  • Kapal feri JR ke Miyajima
  • Sebagian jalan kereta non- JR mengarah ke jalan JR yang tidak tersambung dengan jalan JR (utamanya di pedesaan)
  • Bis Lokal

Walaupun bukan kereta, tetapi sahabat dapat naik gratis dengan memakai JR Pass buat jalur – jalur ini:

  • Stasiun Kyoto – kuil Ryoanji – Takao – Shuzan
  • Dari Stasiun Aomori ke Lapangan terbang Aomori
  • Bis ke Danau Towada dari Hachinohe ataupun Aomori
  • Bis keliling di Hiroshima
  • Bis lokal di Sapporo
  • Bis mengarah Tateyama dari Awa Shirayama
  • Bis kota di Kanazawa (Bis JR Kanazawa)
  • JR Bis Hokkaido
  • JR Bis Tohoku
  • JR Bis Kanto
  • JR Bis Tokai
  • JR Bis West Japan
  • JR Bis Chugoku (beroperasi di Pulau Chugoku)
  • JR Bis Shikoku (beroperasi di Pulau Shikoku)
  • JR Bis Kyushu (beroperasi di Pulau Kyushu)

Yang tidak tercantum dalam cakupan JR Pass

Kereta Nozomi jalan Tokaido / Sanyo Shinkansen

Nozomi yang merupakan kereta Shinkansen ke buat jalan Tokyo–Nagoya–Kyoto–Osaka–Fukuoka (Kyushu) tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Tetapi, sahabat dapat naik kereta Sakura ataupun Hikari yang melayani rute yang sama, tetapi waktu tempuhnya sedikit lebih lama.

Kereta Mizuho jalan Sanyo / Kyushu Shinkansen

Mizuho yang merupakan kereta tercepat di wilayah Sanyo / Kyushu Shinkansen tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Tetapi, selaku penggantinya, sahabat dapat naik kereta Sakura yang melayani rute yang sama, tetapi waktu tempuhnya sedikit lebih lama. Jadi yakinkan naik kereta Shinkansen yang pas cocok dengan JR Pass yang dipunyai, biar kita tidak membayar bayaran bonus.

Kereta JR yang memakai jalan non- JR

Terdapat sebagian kereta JR yang memakai jalan non- JR ataupun jalan kepunyaan swasta. Nah, sahabat wajib membayar ongkosnya sendiri, sebab tidak masuk cakupan JR Pass. Tetapi tenang, jalur- jalur ini posisinya bukan di kota- kota besar / pusat wisata.

Kereta spesial

Kereta istimewa ini artinya merupakan kereta- kereta yang beroperasi di malam hari. Kerap diucap dengan sleeper train, semacam rute Tokyo- Okayama. Jika naik kereta malam terdapat bayaran bonus dari tiket biasa. Tiketnya dapat dibayar dengan JR Pass, tetapi bayaran bonus tiketnya tidak tercantum serta wajib membayar sendiri.

Bis Cepat / Highway Bus

Walaupun terdapat bis lokal yang masuk cakupan JR Pass, tetapi seluruh bis cepat tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Bus- bus dengan rute kesukaan semacam Shinjuku- Kawaguchiko tidak tercover oleh JR Pass.

Beberapa Fitur Bonus JR Pass

Gratis Reservasi Kursi

Sahabat dapat melaksanakan melaksanakan reservasi sofa buat kereta JR secara gratis. Umumnya dicoba lewat web sebagian hari lebih dahulu. Bila mau menikmati alam Jepang, anjuran Tim Tanogaido ambil kereta bagian balik, sedangkan buat ekspedisi jauh, lebih baik ambil di bagian tengah kereta. Reservasi sangat dibutuhkan untuk sahabat yang mau naik shinkansen / kereta dari tengah- tengah rute. Misalnya kota Kyoto / Nagoya yang terletak di tengah rute shinkansen Tokyo serta Osaka. Lebih baik mengambil reservasi sofa biar dapat duduk bersama dengan keluarga bersama hingga pada kota tujuan.

Diskon di Hotel- Hotel kepunyaan JR

Dengan JR Pass, sahabat pula dapat mendapatkan potongan harga dari tarif reguler kamar hotel. Hotel- hotel yang tercantum jaringan JR bisa dilihat di mari. Tercantum di dalamnya Hotel Metropolitan, Mets, Granvia. Kebanyakan hotel terletak di dekat Stasiun, sehingga mempermudah sahabat.

Pertanyaan – Pertanyaan Terkait JR Pass

Berapa harga tiket JR Pass?

Berikut merupakan tabel harga tiket JR Pass buat masa berlaku seminggu, 2 pekan, serta 3 pekan. Terdapat 2 jenis yang ada, ialah jenis biasa (ordinary) ataupun premium (green). Perbandingan keduanya bisa dilihat di bagian berikutnya. JR Pass cuma dapat dibeli dengan pemesanan dari luar negara, saat sebelum berangkat ke Jepang. Tim Tanogaido telah bekerja sama dengan JRailPass biar turis di Indonesia dapat membeli JRailPass dengan gampang. Pemesanan dapat dicoba via online serta dokumen buat penukaran JR Pass hendak lekas dikirimkan begitu pembayaran dikonfirmasi.

harga japan rail pass
harga japan rail pass

Harga tiket JR Pass buat kanak- kanak (berumur 6- 12 tahun) merupakan separuh harga dari seluruh harga yang terdapat di atas. Sedangkan itu, kanak- kanak berumur di dasar 6 tahun tidak dikenakan bayaran naik kereta, asalkan tidak duduk di sofa serta berangkat bersama dengan seseorang berusia ataupun minimun kanak- kanak (umur 6- 12 tahun) yang membayar.

Ada berapakah jenis tiket Japan Rail Pass?

Hingga hari ini, terdapat 6 jenis Japan Rail Pass yang dibedakan dengan zona penggunaannya. Terdapat JR East Pass, buat daerah timur Jepang (Tohuku serta Kanto), JR Tokyo Wide Pass (buat daerah Kanto), Tokyo – Osaka Hokuriku Arch Pass yang melayani rute Tokyo- Hokuriku (Nagano, Kanazawa, Toyama, kemudian ke Kyoto serta Osaka). Buat perinci zona zona cakupan serta biayanya, dapat di amati di postingan Beberapa Jenis Japan Rail Pass.

Apakah dapat dilakukan upgrade ke kereta Nozomi ataupun Mizuho?

Tidak dapat. Kereta Shinkansen Nozomi serta Mizuho tidak tercantum ke cakupan JR Pass. Dikala naik Nozomi serta Mizuho, pemegang JR Pass wajib membayar tiket sepenuhnya. Selaku penggantinya, sahabat dapat naik kereta Hikari serta Sakura (jalurnya sama tetapi sedikit lebih lama waktu perjalanannya) secara gratis dengan JR Pass.

Apa perbandingan tiket biasa (ordinary) serta tiket premium (green)?

Tiket premium (green) merupakan sofa kelas bisnis dengan sofa serta ruang kaki yang lebih besar serta layanan di dalam ekspedisi yang lebih baik. Tetapi, bagi pengamatan Tim Tanogaido, tiket biasa lumayan aman buat dimensi orang Indonesia. Terlebih perbandingan biayanya pula cukup besar. Tetapi, bila sahabat bawa anak kecil ataupun balita, lebih baik mengambil tiket premium.

Untuk sahabat owner JR Pass Ordinary yang membutuhkan ataupun mau berupaya kelas premium / Green Class, kita dapat memohon upgrade buat rute kereta yang di idamkan. Lumayan tunjukkan kartu JR Pass yang dipunyai kepada petugas, hingga petugas hendak menghitungkan berapa bonus yang hendak dibayarkan. JR PASS jenis ordinary dikira selaku tiket ekonomi, serta nanti hendak dihitung berapa harga ekonomi sekali jalur dengan kota tujuan kita, serta berapa harga Green or Grand Class dengan jalan sama. Selisih ongkosnya seperti itu yang musti kita bayarkan, bukan seluruh biayanya. Instan bukan?

Aku membeli JR Pass biasa, apakah dapat diupgrade ke JR Pass premium?

Ya tentu saja bisa, sahabat diperbolehkan meng- upgrade tiket, tetapi dengan bonus bayaran tertentu, cocok dengan selisih harga tiketnya. Misal buat JR Pass satu pekan, tiket biasa 29.650 yen, sedangkan tiket premium 39.600. Nah, sahabat wajib membayarkan selisih 9.950 yen ditambah duit administrasi dekat 100- 200 yen.

Apakah Tiket JR Pass dapat digunakan oleh orang lain?

Pengunaan JR Pass lumayan ketat. JR Pass cuma bisa digunakan oleh orang yang namanya tercetak di tiket. Saat sebelum naik kereta, umumnya hendak terdapat pengecekan bukti diri oleh petugas. Buat berjaga- jaga, yakinkan bawa paspor sahabat dikala bepergian dengan JR Pass.

Menimpa masa berlaku JR Pass: Apakah kalender hari ataupun periode 24 jam?

Butuh sahabat tahu, masa berlaku JR Pass bersumber pada hari kalender. Jadi, dikala sahabat mulai memakai JR Pass 1 pekan pada bertepatan pada 10 jam 14. 00 (jam 2 siang), masa berlakunya merupakan hingga bertepatan pada bertepatan pada 16 jam 23. 59 (tengah malam), serta bukan bertepatan pada 17 jam 14. 00.

Apa yang terjalin bila aku naik kereta malam pada hari terakhir JR Pass berlaku?

Persoalan ini kerap ditanyakan kepada Tim Tanogaido. Bila sahabat naik kereta malam di hari terakhir JR Pass, hingga JR Pass senantiasa berlaku sampai stasiun tujuan, tercantum bila wajib transfer ke kereta yang lain. Dikala datang di stasiun tujuan, tunjukkan JR Pass kepada petugas buat bisa keluar dari gerbang manual.

Di manakah aku dapat membeli tiket JR Pass?

Japan Rail Pass bisa digunakan cuma oleh turis asing di Jepang. Dikala ini, JR Pass bisa dibeli DI LUAR Serta DI DALAM negeri Jepang. Sahabat hendak menerima voucher yang setelah itu hendak diganti dengan JR Pass di kantor tiket Lapangan terbang Haneda, Narita Airport, Kansai ataupun di stasiun- stasiun besar, semacam Shinjuku, Kyoto, ataupun Tokyo. Optimal waktu penukaran merupakan 3 bulan dari waktu pembelian JR Pass on- line.

Japan Railway mulai sediakan penjualan di Lapangan terbang Narita, Lapangan terbang Haneda, serta Lapangan terbang Kansai. Bila sahabat bepergian ke Jepang memakai maskapai Japan Airlines (JAL) ataupun Air Nippon Airways (ANA), mereka pula sediakan paket tiket beserta JR Pass. Sahabat pula dapat membeli JR Pass langsung lewat Kabar Jepang.

Siapa yang dapat memakai JR Pass?

JR Pass digunakan cuma oleh turis asing di Jepang, ditunjukkan dengan lampiran passport dikala membeli JR Pass ataupun dikala pemakaian JR Pass di tiap stasiun di Jepang. Penduduk Jepang tidak dapat memakai JR Pass buat bepergian. Tetapi, untuk orang Jepang yang tinggal di luar negara, ataupun yang mempunyai suami / istri orang asing, JR Pass dapat digunakan.

Selain dengan metode on- line, di mana tiket JR Pass dapat dibeli?

Japan Rail Pass bisa dibeli secara online via Klook ataupun lewat agen ekspedisi di segala dunia. Buat Klook, pengiriman JR PASS baru dapat untuk yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Nah, buat sahabat yang tinggal tidak hanya di wilayah itu, sahabat pula dapat membeli JR Pass langsung lewat TANOGAIDO.

Di mana serta gimana cara untuk ganti voucher?

Voucher dapat diganti di stasiun – stasiun JR utama yang di segala Jepang. Catatan stasiun yang menerima penukaran voucher JR Pass bisa dilihat di mari, tercantum stasiun di Lapangan terbang Haneda, Narita, serta Kansai Airport. Tidak hanya itu dapat pula di Stasiun Tokyo, Ueno, Shibuya, Shinjuku, Shinagawa ataupun Ikebukuro. Sahabat tinggal menampilkan print- out voucher serta pula passport, setelah itu petugas hendak membagikan JR Pass.

Anjuran Tim Tanogaido, upayakan yang mengambil merupakan orang yang namanya tertera di tiket serta membawa passport asli / bukan fotokopi buat mempermudah. Susah berdebat dengan orang Jepang terlebih yang tidak dapat berbahasa Inggris.

Apakah aku dapat memilah bertepatan pada mulai JR Pass?

Ya, dapat. Sahabat dapat memilah kapan masa berlaku JR Pass diawali sewaktu menuliskan formulir penukaran JR Pass. Tidak wajib sama dengan bertepatan pada pengambilan/ penukaran voucher. Misalnya, sahabat datang di Jepang bertepatan pada 1, serta mau berkelana di Tokyo sepanjang 2 hari dahulu, baru ke Hokkaido ataupun Osaka, sahabat dapat memohon JR Pass diawali bertepatan pada 4.

Untuk sahabat yang mau liburan hemat wajib teliti menghitung harinya. Oiya, optimal bertepatan pada mulainya merupakan 1 bulan dari bertepatan pada pengambilan/ penukaran. Kami siap menolong sahabat buat liburan murah serta efisien di Jepang lewat layanan Tour Guide Online Jepang.

Gimana metode pemakaian JR Pass?

JR Pass merupakan tiket kertas sahabat. Tetapi wujudnya bukan elektronik, sehingga sahabat tidak dapat lewat gerbang otomatis. Di stasiun, carilah gerbang manual (umumnya di pinggir kiri ataupun kanan gate) di mana terdapat petugas yang berjaga, lumayan tunjukkan JR Pass sahabat. Persiapkan pula passport, sebab kadang- kadang petugas menanyakan serta mengecek bukti diri kita. Petugas- petugas ini banyak yang tidak dapat berbahasa Inggris, jadi biar nyaman serta lebih cepat, persiapkan passport serta JR Pass di tiap stasiun.

Gimana metode reservasi sofa?

Pemegang tiket JR Pass bisa melaksanakan reservasi / pemesanan tempat duduk. Triknya merupakan dengan tiba ke stasiun dini keberangkatan, menampilkan JR Pass serta passport, setelah itu memilah tempat duduk yang ada. Waktu idealnya merupakan 1- 3 hari saat sebelum keberangkatan. Sebagian kereta di zona timur Jepang( Tohoku serta Kanto) menerima reservasi tempat duduk dari internet pula.

Apakah reservasi sofa harus dilakukan?

Kebanyakan kereta tidak mengharuskan reservasi / pemesanan tempat duduk, spesialnya di jalur – jalur padat jadwal ataupun di kota – kota besar. Tetapi, terdapat sebagian jalan kereta yang mengharuskan kita buat melaksanakan resevasi/ pemesanan sofa, antara lain:

  • Kereta Narita Express, akses kereta termudah Narita ke Tokyo (Tokyo–Narita)
  • Kereta Shinkansen Hayabusa serta Hayate di selama jalan Tohoku / Hakodate Shinkansen dari Tokyo ke Akita, Sendai, Aomori, sampai Hakodate.
  • Kereta Komachi di selama jalan Akita Shinkansen
  • Kereta Shinkansen Kagayaki di selama jalan Hokuriku Shinkansen (antara Tokyo, Nagano, Toyama, serta Kanazawa)
  • Kebanyakan kereta malam

Apakah menguntungkan dengan memakai JR Pass?

Kebanyakan turis Indonesia yang ingin ke Jepang membeli JR Rail Pass katanya biar dapat naik kereta Shinkansen sepuasnya. Tetapi sesungguhnya belum pasti JR Pass ini menguntungkan. Perihal ini tergantung pada rencana liburan sahabat. Japan Rail Pass baru menguntungkan jika sahabat mau ke kota yang relatif jauh, semacam Kyoto, Osaka, Toyama, ataupun Hokkaido. Nilai plusnya pula, dengan Japan Rail Pass sahabat tidak butuh ribet membeli tiket buat tiap- tiap kereta (pasti hendak mempermudah, terlebih bila bawa benda yang cukup berat).

Patokan / batasan keuntungannya merupakan, Japan Rail Pass dengan durasi satu pekan biayanya sama dengan tiket pulang – pergi Tokyo – Kyoto ataupun Tokyo – Osaka. Bila sahabat tidak berencana berangkat satu arah mengarah Kyoto ataupun Osaka saja, ataupun cuma berkelana di zona kota, lebih baik memakai tiket kereta biasa daripada membeli JR Pass.

Selaku perbandingan, tiket JR- Pass yang paling murah buat masa berlaku 7 hari merupakan 29.650 yen. Sedangkan itu, tiket satu arah Tokyo – Kyoto merupakan 13.870 yen. Amati? Biar sahabat tidak rugi, JR- Pass wajib digunakan Minimun buat ekspedisi kembali berangkat antar kota.

Bila cuma di Tokyo ataupun daerah sekitarnya (Yokohama, Chiba, ataupun Yamanashi) sahabat dapat membeli tiket JR Tokyo Wide Pass (buat daerah Kanto). Ataupun hanya ingin jalan- jalan di zona Hokuriku, ialah Kanazawa, Toyama, serta Nagano hendaknya membeli Tokyo- Osaka Hokuriku Arch Pass.

Buat sahabat yang mau mendatangi Tokyo, kawasan Shirakawago serta Pegunungan Tateyama, sampai Osaka serta Kyoto, kami sarankan buat memakai Tokyo- Osaka Hokuriku Arch Pass yang lebih murah sekitaran 5. 000 yen dibanding JR Pass pada biasanya.

Apakah JR Pass bermanfaat buat di dalam kota?

Semacam yang dipaparkan lebih dahulu, JR Pass baru hendak menguntungkan bila melaksanakan ekspedisi antar kota yang lumayan jauh. Minimun ekspedisi kembali berangkat antara Tokyo–Kyoto ataupun Tokyo–Osaka. Tidak hanya dari itu, bila sahabat mau berkelana kota Tokyo serta sekitarnya, JR Pass pula menguntungkan. Jalur- jalur di Tokyo serta Osaka mayoritas dilayani oleh kereta JR (Tokyo Yamanote Line serta Osaka Loop Line), yang mencakup sebagian besar zona kota Tokyo serta Osaka. Spesial Kyoto, sahabat lebih baik membeli Kyoto Bis Pass sebab kebanyakan tempat wisata di Kyoto dapat dicapai dengan naik bis kota.

Aku kurang ingat membeli JR Pass, apakah terdapat alternatif yang lain?

Buat kalian yang kurang ingat membeli JR Pass saat sebelum tiba ke Jepang, mulai bulan Maret 2017, JR PASS dapat dibeli di Jepang! Tidak hanya itu, kalian dapat gunakan Kartu Suica ataupun Pasmo yang merupakan kartu IC deposit prabayar yang bisa diisi ulang. Tetapi, kita tidak memperoleh potongan harga spesial semacam halnya JR Pass, harga tiket yang dibayarkan senantiasa sama. Cuma kita tidak butuh ribet membeli tiket tiap kali mau naik kereta.

close
logo tanogaido

Yuk Berlangganan Informasi Seputar Jepang dari Tanogaido GRATIS dan juga kupon diskon untuk layanan Jasa. Silahkan isi email pada kolom dibawah!

Tanogaido mematuhi segala bentuk privasi dan keamanan data Anda. Kami juga menghindari dalam pengiriman Spam. Tanogaido hanya akan mengirimkan informasi terbaru seputar Jepang yang pasti berguna untuk Anda.



Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online

2 comments

  1. sari

    Saya berniat mengunjungi anak yang kuliah di jepang, dan mengajaknya liburan keliling jepang menggunakan JR Pass. Apakah status student di Pasportnya eligible untuk menggunakan JR Pass?
    Terima kasih

    1. tanogaido

      Halo kak Sari…
      Untuk pertanyaannya Tidak bisa yah kak, JR PASS hanya untuk short term visit visa (visa liburan)…

Forum Tanya Jawab

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Ada yang bisa kami bantu?