Kastil Osaka, Destinasi Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Jepang

Osaka Castle (Kastil Osaka)

Kastil Osaka adalah salah satu situs bersejarah yang terkenal di Jepang. Terletak di pusat kota Osaka, kastil ini menyajikan pemandangan yang memukau dan sejarah yang kaya. Tidak hanya sebagai tempat wisata, kastil ini juga memiliki nilai penting dalam sejarah Jepang, baik sebagai benteng pertahanan maupun sebagai pusat kekuasaan.

Dalam artikel ini, tim Tanogaido Tours and Travel akan membahas secara detail tentang sejarah, wisata, dan fasilitas yang tersedia di Kastil Osaka, serta memberikan tips-tips berguna untuk menjelajahi kastil ini secara optimal. Mari kita simak bersama-sama!

Mengenal Lebih Dekat Kastil Osaka

Kastil Osaka dibangun pada awal abad ke-16 oleh Toyotomi Hideyoshi, seorang panglima perang ternama pada masa itu. Kastil ini awalnya didirikan sebagai markas untuk memperkuat kekuasaan Hideyoshi atas wilayah Kansai. Selain itu, istana ini juga didirikan sebagai simbol kekuatan Hideyoshi dalam politik feodal Jepang pada masa itu.

Setelah Hideyoshi meninggal dunia, kastil ini kemudian diperebutkan oleh berbagai kelompok kekuasaan, termasuk kelompok Tokugawa dan kelompok Toyotomi. Pada akhirnya, Tokugawa berhasil merebut kastil ini pada tahun 1615, dan mengambil alih kendali atas seluruh Jepang.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Selama masa pemerintahan Tokugawa, Kastil Osaka digunakan sebagai pusat administrasi wilayah Kansai dan sebagai benteng pertahanan terhadap serangan musuh. Namun, pada tahun 1868, kastil ini hancur akibat perang saudara yang terjadi di Jepang.

Baru pada tahun 1931, pemerintah Jepang memulai proyek pemugaran dan restorasi kastil ini. Istana Osaka kembali dibangun sesuai dengan desain aslinya, dan kini menjadi salah satu situs bersejarah yang terkenal dan populer di Jepang.

Osaka Castle
Osaka Castle

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukat Saat Berada di Kastil Osaka

Istana ini menawarkan berbagai macam wisata dan aktivitas yang menarik bagi pengunjung. Berikut adalah beberapa wisata yang bisa kamu nikmati di Kastil Osaka.

  1. Menjelajahi Sekitar Kastil: Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar kastil dan menikmati pemandangan indah yang disajikan. Kamu juga bisa masuk ke dalam kastil dan mengeksplorasi berbagai ruangan dan koleksi museum yang tersedia di dalamnya.
  2. Berjalan-jalan di taman sekitar kastil: Selain kastilnya sendiri, istana ini juga dikelilingi oleh taman yang indah. Kamu bisa berjalan-jalan di taman ini dan menikmati keindahan alam sekitar.
  3. Menikmati pertunjukan teater tradisional: Di dalam kastil, terdapat sebuah teater tradisional yang masih aktif digunakan untuk pertunjukan teater. Kamu bisa menonton pertunjukan teater tradisional Jepang yang menarik di tempat ini.
  4. Memakai pakaian tradisional Jepang: Di sekitar kastil, terdapat tempat penyewaan pakaian tradisional Jepang yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Kamu bisa berpakaian seperti samurai atau geisha, dan berfoto di sekitar kastil yang indah.
  5. Berbelanja oleh-oleh: Di sekitar kastil, terdapat banyak toko yang menjual oleh-oleh khas Jepang, seperti kerajinan tangan, makanan, dan lain-lain. Kamu bisa membeli oleh-oleh di toko-toko ini sebagai kenang-kenangan dari perjalananmu ke Kastil ini.

Fasilitas Yang Ada di Kastil Osaka

Kastil Osaka dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di castle ini antara lain:

  1. Toilet umum: Terdapat toilet umum yang bisa digunakan oleh pengunjung di berbagai lokasi di sekitar kastil.
  2. Area parkir: Terdapat area parkir di sekitar kastil yang bisa digunakan oleh pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  3. Restoran dan toko souvenir: Di sekitar kastil, terdapat restoran dan toko souvenir yang menjual berbagai macam makanan dan oleh-oleh khas Jepang.
  4. Area bermain anak: Terdapat area bermain anak di sekitar kastil yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk bermain dan bermain air.
  5. Tempat duduk dan area santai: Di sekitar kastil, terdapat banyak tempat duduk dan area santai yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat dan menikmati suasana sekitar.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, diharapkan pengunjung bisa menikmati liburan mereka dengan lebih nyaman dan tenang di sini.

Osaka Castle (Kastil Osaka)
Osaka Castle (Kastil Osaka)

Tips Berwisata di Kastil Osaka

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu pengunjung dalam berwisata di kastil ini:

  • Pilih waktu kunjungan yang tepat: Sebaiknya hindari waktu kunjungan pada hari libur nasional atau akhir pekan, karena biasanya kastil akan sangat ramai. Lebih baik memilih waktu kunjungan pada hari kerja dan di pagi hari.
  • Kenakan pakaian yang nyaman: Karena perlu berjalan kaki untuk mengeksplorasi kastil, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang cocok untuk berjalan jauh.
  • Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan: Sebelum berangkat, pastikan untuk membawa air minum dan sunblock. Jangan lupa juga membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen berlibur.
  • Ikuti panduan tur: Di kastil ini, terdapat panduan tur yang bisa diikuti oleh pengunjung. Panduan tur tersebut akan memberikan informasi tentang sejarah kastil dan tempat-tempat menarik di dalamnya.
  • Jangan lupa mencicipi kuliner khas Osaka: Di sekitar kastil, terdapat banyak restoran yang menyajikan kuliner khas Osaka seperti okonomiyaki, takoyaki, dan lain-lain. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner tersebut.

Akses Untuk Menuju ke Kastil Osaka

Dari Stasiun Osaka, Anda dapat naik kereta JR Osaka Loop Line serta turun di Osakajo Koen Station. Lama ekspedisi kisaran 10 menit dengan ongkos 160 yen (tercover oleh JR Pass). Osakajo Koen Station merupakan stasiun kereta terdekat jika ingin pergi ke Kastil Osaka.

Dari Namba Station

Naik kereta subway Sennichimae Line mengarah Tanimachi Kyuchome Station, kemudian setelah itu pindah ke subway Tanimachi line (Osaka Subway) mengarah ke Tanimachi Yonchome Station. Lama ekspedisi kisaran 8 menit serta biaya 230 yen. Jika Anda mau tiba ke Taman Nishinomaru, maka Anda dapat turun di Tanimachi Yonchome Station, yang lokasinya lebih dekat pada Osakajo Koen Station.

Naik kereta subway Midosuji Line mengarah Honmachi Station. Dari Honmachi Station setelah itu naik kereta subway Chou Line mengarah Tanimachi Yonchome Station. Lama ekspedisi kisaran 13 menit dengan ongkos 230 yen. Kedua rute ekspedisi dengan subway ini ongkosnya tercover apabila mempunyai Osaka Amazing Pass, Osaka One Day Pass / Enjoy Eco Card.

Dari Umeda Station di Osaka

Pertama Anda jalan mengarah Stasiun Higashi Umeda serta setelah itu naik kereta Tanimachi Line mengarah Tanimachi Yonchome Station. Lama ekspedisi kisaran 7 menit serta biaya 230 yen.

Dari Kansai Airport

Anda dapat naik kereta Rapid JR ataupun kereta ekspress Haruka hingga Tennoji Station. Dari Tennoji Station, setelah itu dapat naik kereta JR Osaka Loop Line serta turun di Stasiun Osakajo Koen. Ongkosnya 1870 yen serta tercover oleh JR Pass, Kansai Pass, ataupun Kansai Wide Area Pass.

sumber gambar: google.com

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)