Panduan Wisata di Hakata Fukuoka

Panduan Wisata di Hakata Fukuoka

Prefektur Fukuoka mempunyai 2 kota yang ditetapkan peraturan pemerintah, yakni Kota Fukuoka serta Kota Kitakyushu, kedua kota ini punya populasi paling besar di kawasan Kyushu. Selain itu, kawasan ini juga memiliki banyak sekali tempat untuk berekreasi.

Ada banyak aktivitas seru di Fukuoka yang bisa kamu lakukan, misalnya seperti mengunjungi Kuil Dazaifu Tenman-gu, pelabuhan nelayan serta beberapa pulau kecil. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel berikut adalah habis!

Aktivitas Seru di Fukuoka yang Tak Boleh Dilewatkan!

Mengunjungi Kuil Dafaizu Tenman-gu

Kuil ini merupakan kuil utama yang berada di Dafaizu, Prefektur Fukuoka. Kuil Dafaizu Tenman-gu didirikan guna menghormati Sugawara no Michizane, yakni dewa pelajar dan pengetahuan.

Kemudian di bagian belakang kuil kamu dapat melihat ada pohon ume terbang. Disebut terbang lantaran beberapa pohon ume tersebut diterbangkan dari daear Kuil Kitano Tenman-gu yang terletak di Kyoto.

Kamu berencana untuk liburan di Jepang? Yakin dengen itinerary kamu? Takut kesasar? Bingung Masalah Kirim Koper, Pesan Taxi dan lainnya? Gunakan Layanan Jasa Tour Guide Jepang Online dari Tanogaido Tours and Travel untuk bantuan penuh selama liburan di Jepang.

Menikmati Kota Melalui Atap Stasiun Hakata

Stasiun Hakata merupakan stasiun yang menghubungkan antara transportasi lokal [baik keret atau bus lokal] dengan kereta jarak jauh. Kemudian memiliki desain bangunan yang megah ditambah taman terbuka di bagian atap.

Dengan berbagai bunga dan pepohonan khas tiap musim, para pengunjung dapat menikmati kota serta pelabuhan dari atas. Jangan sampai melewatkan atraksi keren yaitu nonton kereta shinkansen yang bergerak sangat cepat dari daerah ‘observasi kereta’ di taman.

Nonton Pertunjukan Air Mancur

Aktivitas seru di Fukuoka berikutnya ialah menyaksikan pertunjukan air mancur keren. Di daerah Canal City Hakata, setiap harinya kamu dapat menonton iluminasi lampu museum, hotel, dan mal yang sangat keren.

Pada panggung Sun Plaza, para pengunjung dapat melihat pertunjukan air mancur yang dipadukan dengan lampu, musik, serta efek 3 dimensi yang memanjakan mata.

Pergi ke Surga Belanja

Hakata yang dijadikan pusat perdagangan internasional tentunya memiliki surga belanja yang dapat kamu datangi. Kebanyakan toko tersebut berada di daerah Tenjin serta daerah Canal City Hakata.

Yang paling populer ialah pusat perbelanjaan di area Iwataya, yang dimana kamu dapat menemukan berbagai macam aksesoris, tas, baju, dari beberapa merek lokal serta dunia.

Cantiknya Kastil Fukuoka dan Taman Ohori

Taman Ohori [parit besar] merupakan kompleks taman di dekat Kastil Fukuoka. Terletak di pinggir Telyk Hakata, gabungan taman, kanal, serta pemandangan pinggir laut menjadi salah satu faktor kenapa Kastil Fukuoka banyak dikunjungi para wisatawan. Aktivitas seru di Fukuoka satu ini sekarang menjadi taman khusus untuk burung berkembangbiak. Dengan begitu kamu dapat berkeliling sambil mendengarkan burung-burung bernyanyi.

Merasakan Lezatnya Ramen Spesial Hakata

Hakata Ramen merupakan kuliner favorit di Fukuoka serta Jepang. Gabungan antara lezatnya ramen dan seafood segar membuat kuliner ini tidak boleh dilewatkan. Disamping itu, ada pula kue beras yang diberi selai kacang bernama umegae mochi yang bisa ditemukan di dekat Kuil Dafaizu Tenman-gu.

Melihat Sudut Kota Fukuoka Melalui Fukuoka Tower

Fukuoka Tower memiliki tinggi sekitar 235 meter merupakan bangunan paling tinggi di daerah Hakata. Menara tersebut terbilang unik lantaran dilapisi 8000 cermin yang memantulkan cahaya.

Melalui lantai observasi yang terletak di lantai 5, kamu dapat menikmati pemandangan kota di siang atau malam hari. Setelah itu, kamu juga bisa datang ke Pantai Momochi yang berada di utara Fukuoka Tower. Kamu dapat bermain bola voli atau sepakbola atau juga sekedar menikmati pantai indah di sana.

Akses Menuju ke Fukuoka

Dari Tokyo

Tiap harinya, terdapat puluhan agenda penerbangan yang melayani rute dari Bandara Haneda mengarah Bandara Fukuoka. Anda dapat naik maskapai ANA, JAL, Skymark, serta Starflyer. Sedangkan itu, terdapat 12 agenda penerbangan dari Bandara Narita ke Fukuoka dengan maskapai ANA, JAL, Jetstar, serta Peach. Lama ekspedisi kisaran 2 jam. Buat harga tiketnya, ANA ataupun JAL umumnya mulai dari 40.000 yen, ataupun kisaran 20.000 yen buat diskon penerbangan murah khusus untuk turis. Skymark, Starflyer tiketnya mulai dari 9.000 yen, sebaliknya Peach serta Jetstar mulai dari 5.000-6.000 yen.

Jika tidak ingin naik pesawat, Anda dapat naik kereta Shinkansen. Kereta Shinkansen Nozomi menghubungkan langsung Stasiun Tokyo serta Stasiun Hakata sepanjang kurang lebih 5 jam. Ongkosnya 21.810 yen. Tetapi, kereta Nozomi ini tidak tercover oleh JR Pass. Anda dapat naik kereta Shinkansen Hikari hingga Shin-Osaka setelah itu berpindah ke kereta Shinkansen Sakura hingga ke Stasiun Fukuoka.

Dari Kyoto atau Osaka

Tiap harinya terdapat 6 penerbangan dari Bandara Kansai ke Bandara Fukuoka, yang dilayani oleh maskapai ANA, JAL, Jetstar and Peach. Lama perjalanannya kisaran 1 jam. Sedangkan itu, buat harga tiketnya, ANA ataupun JAL umumnya mulai dari 24.000 yen, ataupun kisaran 13.000 yen buat diskon penerbangan murah khusus untuk turis. Tiket Peach serta Jetstar mulai dari 4.000-6.000 yen.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat naik kereta Shinkansen Sakura dari Stasiun Shin-Osaka hingga Stasiun Hakata. Harga tiketnya 14.480 yen dengan lama ekspedisi 2,5 jam. Jika dari Kyoto, Anda dapat naik kereta JR Special Rapid sepanjang 25 menit dulu ke Stasiun Shin-Osaka, baru naik kereta yang sama.

Dari Hakata, Anda dapat melanjutkan ekspedisi ke kota resort onsen yang sangat populer di Jepang yaitu Beppu, ataupun berjalan-jalan ke kota yang sempat dijatuhi bom atom dikala Perang Dunia II seperti Nagasaki serta kota menawan asal mula samurai yaitu Kagoshima.

Berkeliling di Fukuoka

Setibanya di Bandara Fukuoka, kita dapat naik subway ke Stasiun Hakata selama 5 menit. Ongkosnya 260 yen. Posisi Bandara dan juga pusat kota Fukuoka lumayan dekat.

Kota Fukuoka sendiri dilayani oleh kereta lokal JR serta shinkansen mengarah ke Nagasaki, Saga, serta Kagoshima. Tidak hanya itu, terdapat pula jalur kereta mengarah Kokura serta Beppu Oita yang populer dengan resort onsennya. Buat dalam kota, terdapat rute kereta Hakozaki serta Nanakuma. Anda dapat membeli pass kereta dengan harga 620 yen di segala stasiun di Kota Fukuoka yang mengcover segala ongkos kereta selama satu hari.

Tidak hanya itu, Anda dapat menyewa sepeda ataupun naik bus untuk berkeliling kota. Terdapat bus pass dengan harga 920 yen yang mencover segala ongkos bus rute dalam kota Fukuoka hingga ke wilayah dekat.

Contoh Penyusunan Itinerary di Hakata Fukuoka

  • Stasiun Hakata–Canal City Hakata–Kushida-jinja Shrine–Hakata-machiya Furusatokan–Kuil Dazaifu Tenmangu (itinerary buat yang ingin mengunjungi kebudayaan serta bangunan yang bersejarah)
  • Stasiun Hakata–Tenjin–Taman Ohori serta Kastil Fukuoka–Fukuoka Tower–Canal City Hakata (itinerary buat yang ingin melihat atraksi dan juga landmark utama kota Hakata Fukuoka)
  • Stasiun Hakata–Tenjin–Marine World Umi-no-nakamichi–Canal City Hakata (itinerary buat yang ingin berbelanja serta liburan bersama dengan Anak)
  • Stasiun Hakata–Tenjin–Taman Ohori serta Kastil Fukuoka–Stasiun Hakata (itinerary untuk Anda yang cuma memiliki waktu sebentar kurang dari 3 jam di Hakata Fukuoka)

Itulah tadi beberapa aktivitas seru di Fukuoka yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman-teman. Fukuoka menyediakan kesempatan untuk pengunjung berbelanja di Canal City Hakata, kota di dalam kota yang dilengkapi jalur air lewat kompleks restoran, hotel, teater, dan bioskop. Terima kasih!

Punya Pertanyaan?

Informasi Terbaru :

Kategori Wisata

Bantuan Penuh Liburan Di Jepang!

Tanogaido Tours and Travel adalah situs yang menyediakan layanan jasa untuk kebutuhan liburan Anda di Jepang seperti paket tour Jepang yang berupa full-package, land-tour, dan juga paket guide online yang menjadi daya pikat tersendiri untuk customer kami. Beberapa layanan jasa dari kami yaitu:

Silahkan menghubungi kami melalui kontak Whatsapp yang tersedia untuk konsultasi ataupun bertanya lebih detail terkait layanan kami.

Mulai Chat
Butuh Bantuan?
Hai kak...
Layanan Whatsapp ini hanya diprioritaskan untuk peserta guide online Tanogaido. Untuk pertanyaan umum seputar Jepang (informasi sakura mekar, transportasi umum, bahasa Jepang, loker, paket tour, layanan prewedding, layanan paket golf tour Jepang dll) bisa ditanyakan langsung di Q&A website Tanogaido (FREE GRATIS tanya & PASTI DIJAWAB)